oleh

Dinhut Minsel Jadi Sentra Pohon Gaharu

Amurang, wartasulut.com-Pengembangan pohon gaharu untuk peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minsel sendiri merupakan daerah penghasil gaharu, dimana ada beberapa desa yang tersebar di dataran rendah seperti desa Lelema, Kilometer Tiga, didataran tinggi yaitu Desa Liandok, Beringin, Powalutan dan beberapa desa kecamatan Modoinding.
Menurut Kepala Dinas Kehutanan (Dinhut) Kabupaten Minsel Ir. Frans Tilaar mengatakan, kuota eksport gaharu untuk Indonesia setiap tahun sebesar 6.000 ton, untuk Kabupaten Minsel sendiri sudah disalurkan 400 ribu bibit pohon gaharu kepada masyarakat di Minsel per kepala keluarga 5 bibit pohon gaharu.
“Kami telah menyalurkan bibit pohon gaharu kepada seluruh masyarakat per KK 5 pohon gaharu diberikan lewat kecamatan, kelurahan yang telah membantu menyalurkannya, ”ungkapnya.
Ia menambahkan, dihimbau kepada seluruh masyarakat yang telah menerima bibit gaharu dari Dinas Kehutanan Kabupaten Minsel. Untuk menjaga bibit tersebut tidak mati, seharusnya para penerima bantuan bibit pohon gaharu harus cari wadah untuk menanam pohon tersebut.

“Saya berharap kepada seluruh penerima bantuan pohon gaharu, sebaiknya bibit pohon gaharu tersebut harus diberikan tempat atau wadah seperti poliback, gelon aqua, atau yang lainnya. Agar menghindar dari matinya bibit pohon gaharu,”tuturnya. Charles WS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed