oleh

Tetty : Adanya Green House, Diharapkan Bisa Memotivasi Masyarakat Untuk Bercocok Tanam.

p_20161128_115344

Wartasulut. Com, Amurang– Sebagaimana program Nawacita Presiden Jokowi dan program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dalam program Operasi Desa Sejakterahkan Rakyat (ODSK), diprioritaskan pada Pengembangan sektor pertanian untuk mengsejahteraan masyarakat terus diseriusi pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Hal ini dibuktikan, Senin (28/11) siang tadi Bupati Cristiany Egenia Paruntu, SE didampingi Wabup Frangky Donni Wongkar, SH, meresmikan kebun percontohan
“Tanaman Inofasi Teknologi Pertanian kabupaten Minsel, bersamaan juga dilakukan “Pencanangan Tanaman Jagung dan Tanaman Cabe dengan pemanfaatan Green House”. Dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Bibit Cabe, Jagung, Kelapa, Cengkih, Sayur-sayuran Hydroponik, Sapi, Alat Combine Harvester Padi (Alat Pemotong Padi), Alat Rice Transponder (Alat Tanam Padi).

Bupati Cristiany Egenia Paruntu, SE, Dalam sambutannya menjelaskan, harapan pemerintah daerah nantinya masyarakat lebih khusus para ibu-ibu rumah tangga yang ada diMinsel dapat mencontohi pembudidayaan tanaman yang ada diGreen House untuk dilakukan dirumah masing-masing.

Saat ini Komsumsi Cabe/Rica masyarakat Minsel perhari mencapai 30 Ton, jika masyarakat memanfaatkan lahan pekarangan ataupun melalui wadah-wadah yang bisa ditanamin Cabe/Rica, Bawang Merah/Putih, serta Sayur-sayuran lainnya pengeluaran keluarga untuk membeli kebutuhan masakan bisa ditekan, tapi juga kalau hasil panennya lebih bisa kita jual untuk dapatkan tambahan penghasilan, maka hal ini akan berdampak pada penurunan angka kemiskinan, jelas Tetty panggilan akrab Bupati

Lanjut Tetty, kedepan pemerintah daerah akan usahakan disetiap Desa akan dibuat satu Green House, Pemerintah juga akan menggandeng dunia perbankkan untuk pemberian modal usaha melalui kredit-kredit usaha kepada masyarakat, hal ini untuk membantu masyarakat mengembangkan sektor pertanian, tuturnya

Bupati Tetty juga janjikan kedepan Bupati bersama Wabup Frangky Donni Wongkat, SH, akan turun kedesa-desa bercocok tanam bersama masyarakat.

Dilanjutkan dengan penanaman bibit sayuran yang dilakukan Bupati Cristiany Egenia Paruntu, SE didampingi Wabup Frangky Donni Wongkat, SH, serta unsur Forkompinda.

Kadis Pertanian Ir. Frans Tilaar, saat dikonfirmasi para wartawan mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerja sama pemerintah daerah dan pihak stecholder yang ada seperti Bank Sulut Go dan PT. Cargil, juga didukung oleh pemerintah Provinsi Sulut dan pihak Kementerian, yang telah memberikan bantuan bibit tumbuhan, sapi, serta alat pertanian yang diserahkan oleh Bupati didampingi Wakil Bupati dan unsur Forkompimda kepada para kelompok tani. Ucap Tilaar

Hadir dalam acara Kapolres Minsel, Ketua Pengadilan Amurang, Kejari Minsel, Sekda, Pimpinan SKPD Terkait, perwakilan PT. Cargil, Kacab Bank SulutGo Amurang, para Camat dan Kumtua/Lurah, serta pengurus Kelompok Tani Minsel. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed