oleh

Abrasi Teratasi, Masyarakat Ongkaw 3 Ucapkan Terima Kasih Pada Pemimpin Hebat CEP-FDW

P_20170120_125624

Wartasulut. Com, Sinonsayang– Pemerintah dan Masyarakat Desa Ongkaw Tiga Kecamatan  Sinonsayang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) berterima kasih kepada Bupati Cristiany Eugenia Paruntu, SE dan Wabup Frangky Donni Wongkar, SH atas pembangunan talud pengaman pantai, berbandrol 8,9 Miliar sebagai upaya mengatasi tingkat abrasi di Desa ini yang dirasakan cukup meresahkan warga setempat.

Hal ini disampaikan, Kumtua Desa Ongkaw Tiga Muhamad Dumbela kepada Wartasulut. Com, Jumat (20/1) siang tadi.

Menurutnya, tingkat abrasi di daerah itu cukup  tinggi, dan  saat musim barat, sejumlah pemukiman  warga  sering  mengalami kerusakan akibat terjangan ombak

“Biasanya  bulan Desember, saat musim barat  tiba,  sejumlah  rumah  warga mengalami rusak parah akibat diterjang ombak dan itu sudah berlangsung lama,” katanya.

Kehadiran talud pengaman pantai ini, sudah didambakan warga setempat sejak lama, dan baru tereaslisasi bantuan pemerintah lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diakhir tahun 2016 lalu.

“Makanya warga setempat sangat berterima kasih kepada Bupati Cristiany Eugenia Paruntu, SE dan Wabup Frangky Donni Wongkar, SH, yang melobi pemerintah pusat sehingga memasuk akhir tahun 2016 anggaran sebesar Rp. 8.999.300.000 boleh dikucurkan untuk pembangunan talud pengaman sepanjang 275 meter ini, sebab  kehadiran talud ini selain untuk mengatasi problem warga saat musim barat, dalam pelaksanaan pekerjaan, warga setempat juga diberdayakan dalam pelaksanaan  pekerjaan itu,” kata Dumbela.

Dumbela mengakui,  sebelum talud pengaman ini dibangun setiap datang terjangan ombak saat musim barat maupun musim utara, masyarakat selalu dilanda kecemasan karena ketika datang angin yang disertai ombak/gelombang rumah-rumah penduduk yang berada dipinggirkan pantai sering rusak bahkan sampai ada yang roboh.

Agar kwalitas pengerjaannya sesuai dan boleh tahan lama, pemerintah serta masyarakat melakukan pengawasan, mengawasi pekerjaan hingga tuntas. Hal ini sengaja dilakukan, mengingat  yang  akan menikmati adalah warga desa. Atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Minsel, tutur Dumbela Kumtua yang dikenal murah senyum ini. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed