oleh

Akibat Hujan Berkepanjangan, 6 Rumah DiSuluun Raya Tertimpa Longsor

Foto : pemerintah dan masyarakat kerja bakti membersihkan material longsor
Foto : pemerintah dan masyarakat kerja bakti membersihkan material longsor

Wartasulut. Com, SULTA– Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sejak Minggu 29 Januari sampai Senin 30 Januari subuh tadi menyebabkan terjadinya bencana longsor dan banjir.

Foto : jalan penghubung Desa Duluan dan Talaitad tertutup longsor
Foto : jalan penghubung Desa Duluan dan Talaitad tertutup longsor

Dari peristiwa ini sedikitnya 6 rumah milik warga yang ada diDesa Suluan Raya masing-masing di 

– Desa  Suluun Satu milik keluarga Sumual-Kamu, Meity Runtuwene, Keluara Loho Rantung juga depan kantor Camat Sultra. 

– Desa Suluun Dua keluarga Sumual-Kamu, – – — Desa Suluan Tiga keluarga Pomantow-Kowal, Lantang-Tumober dan Pastori Gereja GMIM Kamang rusak.

Selain itu longsor besar juga terjadi di ruas jalan antara Desa Suluun menuju Desa Talaitad.

Longsor ini bermula saat terjadi hujan lebat yang berkepanjangan pada Senin sampai Minggu subuh tadi. Beruntung saat terjadi longsor para pemilik rumah sudah mengungsi dan tidur di rumah saudara serta kerabat.

Camat Suluun Tareran Drs Veky Rondonuwu saat dikonfirmasi mengatakan, saat mendapat informasi dari pemerintah desa masing-masing pihaknya langsung turun ke lokasi bersama masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan material tanah yang tertimbun serta mendata jumlah keluarga yang menjadi korban bencana alam tanah longsor ini. ” sedikitnya ada 6 rumah yang rusak akibat tanah longsor, 3 diantaranya rusak parah,” ujar Rondonuwu.

Dia juga menegaskan bahwa, pihaknya sudah melapor dan berkoordinasi dengan Dinas Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial. Rencananya Selasa (31/1) besok   akan mnyerahkan bantuan kepada keluarga korban.

Ditambahkan longsor tersebar  ditiga Desa, terparah Suluun Dua Rumah keluarga Sumual-Kamu.

Keluarga korban meminta agar pemerintah Kabupaten dalam hal ini DPBD dan Dinas Sosial segera turun tangan mengatasi bencana yang terjadi di Suluun. “Kami minta pemerintah segera menyalurkan bantuan dan menurunkan alat berat untuk mengangkat matrial tanah yang tertimbun di badan rumah dan jalan,” ujar Sumual salah satu keluarga korban.

Sementara itu Wakil Bupati Minsel Frangky Donni Wongkar, SH mengimbau kepada warga Minsel agar tetap waspada, apa terlebih mereka yang tinggal diperbukitan serta yang berada didekat saluran air yang menjadi tempat tampunggan air hujan, sebaiknya mengungsi ke lokasi yang lebih aman. “Kami minta warga tetap waspada dan sebaiknya mengungsi jika hujan tak kunjung redah,” ujar Wongkar.(feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed