oleh

Minsel Masih Kekurangan 68 Tenaga Bidan


Foto Kadis Dinkes Minsel
Foto Kadis Dinkes Minsel
Foto Dirut RSUD Minsel
Foto Dirut RSUD Minsel
Wartasulut. Com, Amurang– Seiring dengan makin bertambahnya jumlah penduduk yang ada diKabupaten Minahasa Selatan (Minsel), tingkat kebutuhan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan masyarakat disetiap Desa/Kelurahan pun menjadi salah satu faktor utama, namun sangat disayangkan kebutuhan akan pelayanan kesehatan ini tak diimbangi dengan ketersedian tenaga kesehatan kebidanan/bidan yang ada ditempatkan disetiap desa/kelurahan.
Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah tenaga kebidanan yang tersebar di 17 kecamatan sebab ya 109, jika dibandingkan dengan  jumlah desa dan kelurahan yang ada di Minsel ada 177, masih kekurangan 68 tenaga kebidanan
Terkait hal ini Sekretaris Dinkes dr Edwin Schouten menyebutkan, harusnya setiap desa dan kelurahan memiliki satu bidan. Namun, di Minsel saat ini memang kekurangan tenaga medis di Puskesmas dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). “Untuk bidan memang perlu ada penambahan. Sesuai amanat pemerintah, harusnya satu desa memiliki satu bidan. Namun karena tidak cukup, satu bidan harus melayani dua sampai tiga desa,” ujar Schouten
Dirut RSUD Amurang ini mengakui, kekurangan tenaga kesehatan (bidan, red) membuat masyarakat cenderung mencari dokter di Puskesmas. Sehingga Poskesmas tidak dimanfaatkan. “Selain itu, memang di Poskesdes hanya bidan dan perawat. Jadi hanya pertolongan pertama yang diberikan. Beda dengan di Puskesmas,” jelas Schouten.
Kepala Dinkes dr Ternie Paruntu menambahkan, kekurangan tenaga bidan bisa saja teratasi jika ada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). “Solusi untuk mengatasi kekurangan ini adalah lewat penerimaan CPNS,” jelasnya, sembari berharap, semoga tahun ini akan ada penerimaan CPNS, agar pelayanan kesehatan akan berjalan secara maksimal.(feidy lahope)
Berikut : DATA TENAGA KEBIDANAN TAHUN 2016 DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Puskesmas// Jumlah Bidan
Tumpaan// 7
Tatapaan// 5
Tareran// 5
Suluun// 6
Amurang// 9
Amurang Timur// 9
Amurang Barat// 3
Tenga// 11
Kumelembuai// 4
Ongkaw// 4
Motoling// 3
Motoling Barat// 4
Motoling Timur// 7
Poopo// 9
Maesaan// 5
Tompaso Baru// 6
Modoinding// 5
Depo Farmasi// 0
Dinas Kesehatan// 7
Total 109 tenaga kebidanan.
Ket: Jumlah Desa dan Kelurahan di Minsel 177.
*Sumber: Dinas Kesehatan Minsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed