oleh

Jalan Desa Tak Kunjung Diaspal, Masyarakat Toyopon Tak Pernah Rasakan Arti Kemerdekaan Sesungguhnya.

Foto : Kondisi jalan Desa Toyopon
Foto : Kondisi jalan Desa Toyopon

Wartasulut. Com, Amurang — Arti kemerdekaan sesungguhnya belum sepenuhnya dirasakan masyarakat Desa Toyopon Kecamatan Motoling Barat. Hal ini terbukti sudah puluhan tahun akses jalan poros desa Toyopon sepanjang kurang lebih 9 Km tak kunjung dilakukan pengaspalan. Pada hal Akes jalan tersebut sudah lama di buka tetapi tak pernah ada pengaspalan.

Hendrik Tumuju, sebagai masyarakat sudah lama mengharapkan pada pemerintah daerah Minahasa Selatan agar adanya pemerataan pembangunan. Terutama akses jalan yang ada di desa Toyopon, supaya tidak menjadi keluhan masyarakat lagi, akibat akses jalan yang rusak, menyebabkan meningkatnya harga kebutuhan bahan pokok dibandingkan dengan desa lain. “Bukan cuman itu saja ketika ada masyarakat yang sakit dan perlu untuk mendapat perawatan medis dipuskesmas maupun rumah sakit harus menunggu beberapa jam baru bisa sampai, “Ujar Tumuju

“Untuk itu, dikatakanya mewakili masyarakat desa mengharapkan pemerintah daerah menganggarkan pembangunan untuk pengaspalan jalan desa Toyopon, yang telah lama menjadi harapan warga selama puluhan tahun hingga saat ini, supaya bisa memudahkan warga dan petani dalam berpergian dan mengangkut hasil produksi, ” imbuhnya. Sabtu (26/8) kemarin.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Toyopon Jantje Rindorindo, membenarkan keluhan masyarakat desanya untuk pembangunan jalan desa di aspal hotmix.

 

“Keluhan ini sudah kami terima dari masyarakat. Terutama saat ada pertemuan desa maupun musyawara desa selalu disampaikan warga agar jalan dibangun aspal hotmix, bahkan setiap tahun dalam kegiatan Musrembang selalu diusulkan, “ujarnya.

Kepada media ini, Jantje juga menyampaikan, Pemerintah desa juga sudah beberapa kali berupaya memasukkan permohonan berupa proposal keinstansi terkait, namun sampai saat ini tak kunjung ada jawaban. Besar harapan masyarakat adanya perhatian pemerintah daerah menganggarkan pembangunan jalan aspal hotmix,”tutur Rindorindo. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed