oleh

Wujudkan Hidup Sehat. Kemenkes Bersama Dinkes Minsel Laksanakan Sosialisasi Germas Kepada Masyarakat.

received_753463478182887

Amurang. Wartasulut. Com — Bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan gelar kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di gedung Waleta Pemkab Minsel, Kamis (7/12) kemarin.

Pelaksanaan kegiatan yang dibuka Bupati Minsel Christiany Paruntu yang diwakili Asisten I Handri Sondakh menyampaikan sambutan Bupati Tetty.

Meningkatnya kematian karena penyakit tidak menular dan menular antara lain stroke, jantung, sakit gula, dan sebagainya menjadi perhatian.

Pelayanan kesehatan terutama pelayanan rujukan perlu ditingkatkan guna melayani masyarakat.

Tingginya kesakitan penyakit tak menular karena kebiasaan masyarakat dengan pola hidup tak sehat.

Masyarakat suka merokok, makanan cepat saji, tingginya gula, garam menjadi pemicu terjadinya penyakit.

Masalah ini menjadi upaya bersama demi mengurangi kesakitan penyakit menular dan tak menular secara nasional dan lokal yakni daerah.

Paling penting ialah individu dan lingkungan harus bersih terlebih dahulu.
Selain itu, sarana prasarana, dukungan pemerintah secara sistematis agar mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat.

Reformasi kesehatan difokuskan pada penguatan hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup sehat meningkatkan kesadaran hidup sehat melalui olahraga, istirahat teratur, dan konsumsi makan bergizi.

Kementerian Kesehatan RI diwakili
Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Promosi Bapak Marzuli menjelaskan peran masyarakat sangat penting agar kesehatan tetap terjaga.

Masyarakat wajib konsumsi makan bergizi, tak merokok, dan rutin memeriksakan kesehatan agar mengetahui keadaan tubuh.

Memberikan pemahaman kepada masyarakat saat sakit untuk segera memeriksakan kesehatan di rumah sakit.

Kabupaten Minsel untuk penyakit hipertensi tinggi akibat merokok, senang makanan asin, kurang makan buah, sayuran, kurang berolahraga, dan suka makan berlemak.

“Kalau seluruh masyarakat berprilaku sehat, tentu akan berdampak pada kesehatan dan tercipta lingkungan yang bersih sehingga produksi masyarakat akan meningkat dan biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang,”

Germas harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor, baik pemerintah pusat, daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat luas.

Kadis Kesehatan Minsel Ternie Paruntu berharap, dengan adanya kegiatan pendidikan kesehatan ini akan dapat menimbulkan kesadaran sejak dini, dan mengetahui pentingnya perilaku menjaga serta memelihara kesehatan. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini diProvinsi Sulut oleh pihak Kementerian hanya dilaksanakan di-2 saja yakni Kota Bitung dan Kabupaten Minsel. “Ujar Paruntu

Pantauan media ini, masyarakat begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Ratusan masyarakat hadir memenuhi gedung waleta untuk mendengarkan sosialisasi dari Kementerian Kesehatan yang disampaikan oleh Bapak Marsuli.

Hard Tambajong salah satu masyarakat yang ikut sosialisasi berkata informasi dan manfaat kegiatan ini sangat bagus. “Informasi Germas perlu digalakkan terutama diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed