oleh

Perjuangan CEP, 134 M Dikucurkan Kementan Untuk Pengembangan Kentang DiMinsel.

IMG-20180123-WA0004

Wartasulut. Com, Amurang — Komitmen menjadikan kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Hebat dan Terdepan yang didalamnya kesejahteraan masyarakat, dengan mengembangkan potensi sumberdaya daya alam yang terkandung didaerah paling selatan tanah minahasa ini, terus dilakukan Bupati Cristiany Eugenia Paruntu, SE.

Mengadakan kunjungan kerja keKementerian Pertanian Bupati Minahasa selatan Christiany Eugenia Paruntu ,SE diterima oleh Direktur Irigasi Pertanian Ir. Tunggul dan Tim Pengelola Pembiayaan Luar Negeri  IDB.
“Pemaparan Bupati cantik dan cerdas ini, terkait potensi Kabupaten Minahasa Selatan yang memiliki hamparan tanah pertanian yang luas dan subur, dimana hasil sayur mayur yang dihasilkan bukan saja mengkaver pasokan sayuran yang ada dipasar-pasar diSulawesi Utara, tapi juga beberapa daerah lainnya seperti papua, maluku, dan kalimantan.
Teristimewah komodi kentang yang dimana produksinya sangat menjanjikan. Maka dari itu pemerintah daerah telah memprogramkan Minsel untuk menjadi daerah sentra produksi kentang dikawasan timur indonesia, bahkan pengelolaannya langsung dilakukan diMinsel, dan hasilnya menggunakan merk berlabel Minsel, hal ini untuk menopang peningkatan ekonomi masyarakat, dalam mendukung program pemerintah pusat khusus dalam menekan angka pengangguran. ” Jelas Bupati
Pihak Kementan kagum dengan pemaparan yang disampaikan oleh bupati. Minsel pun dimasukkan kedalam daftar salah satu daerah Proyek Pengembangan Agroindustri Kentang dan menjadi salah satu daerah pengelola kegiatan dari 14 Kabupaten  diIndonesia. Bahkan untuk pengelolaan Industri Kentang, dana lebih dari 134 Miliar diberikan bagi Minsel, yang pengrealisasiannya akan dilaksanakan mulai Tahun 2019 dalam jenjang waktu selama 5 Tahun.
Dalam kunjungan kerja ini Bupati didampingi Kadis Pertanian Frans D Tilaar SP MSi, Kaban Keungan Deny Kawoan SE,MSI, Kadis PU  Rudy Tumiwa ST,  Sekretaris Bapelitbang Tertius Ulaan ST, MT , Dirut Perusahaan Daerah Jootje Tuerah ST MM dan Kabag SDA Viola Wisman Shut Mag MM. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed