oleh

Lomba Figura Hut Minsel “Wolay Poopo Utara” Sabet Juara 1, KM3 Dijuara 2.

FB_IMG_1517406954023
Wartasulut. Com, Amurang — Lomba figura yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Minahasa Selatan ke 15, yang dipusatkan dijalan boulevard Amurang pada Minggu 29 Januari pekan kemarin. Yang diikuti kurang lebih 24 peserta, keluar sebagai yang terbaik ialah Desa Poopo Utara dengan penampilan “Wolay”, Desa Kilometer Meter Tiga (KM3), serta Desa Tondey Satu.
Sekertaris Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Romel Massie, kepada wartasulut. Com, Rabu (31/1), mengatakan. Atraksi “Wolay atau Yaki-yaki/kerah yang ditampilkan Desa Poopo Utara bisa meraih juara 1. Selain kreativitas yang ditampilkan, pertunjukan Wolay juga menampilkan kultur kehidupan masyarakat Desa Poopo Utara dalam bertani menanam padi. Dimana padi yang mereka tanam sering dimakan para monyet, untuk mengusir monyet-monyet pengganggu tersebut, masyarakat menggunakan kostum yang terbuat pelepa dan serabut pohon enau yang dinamakan Wolay, untuk menakut-nakuti para monyet agar boleh lari. Budaya ini pun sampai saat ini masih dipertahankan serta dilestarikan oleh masyarakat Desa Poopo Utara Kecamatan Ranoyapo dibawah pimpinan Hukum Tua Carl Lumintang.
“Figura “Wolay” Desa Poopo Utara boleh menjadi yang terbaik karena mereka menampilkan budaya kearifan lokal. Sehingga mampu meraih nilai tertinggi dan keluar sebagai juara, “jelas Massie
Berikut hasil Pemenang Lomba Figura dalam rangka HUT MINSEL ke 15 :
Juara I = Karang Taruna Desa Poopo Utara Kec. Ranoyapo dengan jumlah Nilai 79,6
Juara II Desa Kilometer 3 Kec. Amurang dengan jumlah nilai 70,25
Juara III desa Tondey I kec. Motoling Barat dengan Jumlah Nilai 68,5 (feidy lahope

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed