oleh

Bupati Tetty Terima Hibah Kapal Pelra Dari Kementerian Perhubungan.

IMG-20180419-WA0021

Wartasulut. Com, Amurang — Bupati Minahasa Selatan DR. Min. Cristiany Eugenia Paruntu, SE berasama beberapa Kepala Daerah menandatangani naskah perjanjian penerimaan hibah Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Kementerian Perhubungan RI. Penandatangan berlangsung di Pelabuhan Sukarno -Hatta Makassar, Kamis 19 April 2018.

FB_IMG_1527594802125

Penyerahan kapal Pelra diserahkan secara simbolis oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya, dengan penandatanganan oleh masing-masing Kepala Daerah atau yang mewakili.

Menhub, Budi Karya dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kapal Pelra ini bertujuan untuk menghubungkan antar pulau dalam kabupaten dan juga sebagai sarana transportasi menuju objek wisata yang ada di daerah masing-masing.

FB_IMG_1527594792459

kedepannya Kemenhub akan menyalurkan sebanyak 100 unit kapal pelra kepada kabupaten yang membutuhkannya, dan berharap pemkab dapat memanfaatkan Kapal ini secara maksimal

24 kapal yang dibagikan kepada 24 kabupaten dan kota se-Indonesia ini merupakan anggaran 2017 sebesar Rp 58,8 miliar. Selanjutnya tahun 2018 Menhub kembali menganggarkan Rp 250 miliar untuk membuat 100 kapal.

FB_IMG_1527594849077

“Hari ini kita membagikan 24 kapal dengan program pelayaran rakyat. Kapal ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh masyarakat setelah dibagikan,” ujar Budi Karya.

Menurutnya, pembagian kapal ini karena kepedulian pemerintah terhadap pelayaran rakyat. “Kita juga ingin sekali pelayaran rakyat menjadi ujung tombak untuk wilayah terluar dan ujung Indonesia. Bagi para bupati diingatkan untuk melakukan perawatan terhadap kapal yang diberikan, kalau bisa ikut juga bangun kapal, agar kapal pelayanan rakyat ini bisa menjadi masif, “jelasnya.

FB_IMG_1527594825569

Bupati DR. Min. Cristiany Eugenia Paruntu, SE. Mengatakan, apresiasi dan terima kasih diberikan kepada Kementerian Perhubungan, yang telah menghibahkan 1 unit kapal “Pelra” untuk kabupaten Minahasa Selatan, dengan adanya kapal ini kami boleh membangun kembali pelayaran rakyat dalam menopang perekonomian daerah. Dengan adanya kapal ini diharapkan boleh menunjang pariwisata yang ada minsel lebih khusus potensi wisata pantai. Seperti yang kita ketahui panorama bawah laut minsel, memilki keindahan yang tak kalah indahnya dengan taman laut bunaken. Karena diMinsel banyak masyarakat yang hebat membuat kapal. Mari kita membangun kembali kearifan lokal yang kita milik untuk membuat kapal.┬áDengan masyarakat akan mendapat penghasilan dalam menopang peningkatan perekonomian keluarga, “ujar Bupati yang kemarin meraih hattrick penghargaan Pangribta Nusantara (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed