oleh

Pimpinan Dan Anggota DPRD Minsel Serta Sekwan Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila.

IMG-20180601-WA0010

Wartasulut. Com, Amurang —Wakil Ketua DPRD Rommi Pondaagh, SH, MH serta Anggota DPRD Frangky Lengkey, dan Sekretaris DPRD (Sekwan) Lucky Tampi, SH menghadiri upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila, yang diselenggarakan di gedung Waleta, Kantor Pemkab Minsel, Jumat (1/6).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Wakil Bupati Minsel, Franky Wongkar, SH, dan Komandan Upacara (Danup), Ipda Rio Pangabean, S.Tr.K, (Kanit Turjawali Sat Sabhara Polres Minsel).

Wakil Bupati Minsel, Franky Wongkar, SH, saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, menerangkan, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta, 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada 18 Agustus 1945.

Selama 73 tahun, tegas presiden dalam sambutannya, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, Pancasila sudah bertahan dan bertumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya serta Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” ujar Wakil Bupati Minsel membacakan sambutan tersebut.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. “Adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, presiden juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. “Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” pungkasnya.

Upacara tersebut, diikuti seluruh unsur Forkopimda, SKPD, ASN, Ormas, Tokoh Agama, unsur TNI, Polri, serta insan lembaga pendidikan dasar dan menengah . Upacara berlangsung hingga selesai secara tertib dan khidmat, meskipun sempat diguyur hujan. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed