oleh

Terlibat Politik Praktis ASN Dan Hukum Tua Terancam DiPidanakan.

FB_IMG_1525259063508

Wartasulut. Com, Amurang — Tahun 2019 seluruh masyarakat indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan umum untuk memilih para wakil rakyat maupun presiden dan wakil presiden, yang tahanannya sudah melai dilaksanakan pada tahun 2018. Agar sikap netralitas tetap terjaga, para Jajaran Hukum Tua maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada dilingkungan pemerintah kabupaten supaya jangan melibatkan diri dalam praktik politik praktis.

Hal diatas diungkapkan Pimpinan Panwas Minahasa Selatan Frany Sengkey, jelasnya, kebiasaan dalam momentum politik yang kian dekat itu rawan keterlibatan ASN. Itu sebab Sengkey berharap para perangkat desa dan ASN supaya mampu memosisikan diri secara netral. Jangan sampai ada yang secara sengaja. Sebab, bila terbukti melakukan kampanye atau memobilisasi massa untuk mendukung salah satu calon dapat dipidana. “Harus dicatat baik-baik. Ini diatur tegas.¬† Kalau sampai terbukti bisa dipenjara,” tegas Sengkey.

Larangan ini jelas diatur dalam Undang-undang. Bagi perangkat desa di atur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014. Sedangkan ASN diatus dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014.
Kalau sampai benar-benar terbukti sebagai Panwas pihaknya akan langsung melakukan penindakan bersama Gakumdu bila semua unsur terpenuhi. Hanya saja kata dia kadang aturan tersebut seringkali disalah artikan masyarakat. Sebab, keterlibatan perangkat desa dan ASN dalam kegiatan partai atau calon tertentu tidak serta disebut sebagai kampanye. “Kalau perangkat desa atau ASN yang terlibat dalam kegiatan partai, itu ranah instansi kepegawaian yang bersangkutan. Kami hanya memberikan rekomendasi,” tutur dia.

Dia mencontohkan kasus mantan Camat Amurang yang mendaftar sebagai caleg PDI-P. “Kami telah menyampaikan ke KASN untuk ditindak lanjuti. Sebab, kewenangan kami terbatas untuk langsung menindak,” tutup Sengkey. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed