oleh

Soputan Erupsi, Minsel Hujan Abu.

FB_IMG_1538533348918

Wartasulut. Com, Minsel — Gunung api Soputan kembali terjadi erupsi. Erupsi terjadi pukul 05:47 Wita, dengan estimasi ketinggian kolom letusan 3000-4000 meter. Gunung Soputan (1809 mdpl), yang berada diantara Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara itu secara visual menunjukkan dengan jelas  asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 600 m di atas puncak kawah.
Foto : abu menutupi sebuah desa di kecamatan Amurang Timur
Foto : abu menutupi sebuah desa di kecamatan Amurang Timur
Tiupan angin Selatan yang kencang mengakibatkan abu vulkanik yang dikeluarkan gunung Soputan jatuh didaerah kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Akibatnya saat ini sebagian wilayah minsel mengalami hujan abu.
Keadaan ini mengakibatkan aktivitas masyarakat menjadi terganggu, apa terlebih mereka yang beraktivitas diluar rumah, tak bisa beraktivitas dengan normal apan terlebih para tukang ojek. Maka itu kami mengharapkan ada perhatian pemerintah daerah untuk boleh menyikapi situasi yang terjadi ini, “ujar Aris pengendara ojek
Pemerintah daerah Bupati dan Wakil Bupati melalui kepala bagian Humas dan protokoler Hendri Palit, SH, menjelaskan pemerintah dalam hal ini Bupati DR. Cristiani Eugenia Paruntu, SE dan Wakil Bupati Franky Donni Wongkar, SH sangat perhatian dengan kondisi yang terjadi. Kepada masyarakat dihimbau untuk waspada, apa terlebih masyarakat yang pemukimannya diseputaran gunung Soputan. Diharapkan untuk boleh pindah kelokasi yang lebih aman.
“Kepada para organisasi perangkat daerah (OPD), diinstruksikan untuk terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas gunung Soputan. Serta senantiasa membantu masyarakat dengan membagikan masker gratis. “Jelas Palit
Pantauan media ini, insentisitas hujan abu paling parah terjadi diwilayah Kecamatan Amurang Timur, Tumpaan, dan Tareran. Akibat abu jarak pandang diwilayah ini hanya mencapai jarak 300 sampai 500 meter saja. (Feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed