oleh

Launching KIA, Mononimbar : Ini Untuk Melindungi Anak.

IMG20181017105435

Wartasulut. Com, Minsel –Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA). peluncuran yang dilaksanakan diAula Waleta Kantor Bupati, pada Rabu (17/9) ini, mewakili Bupati DR. Cristiani Eugenia Paruntu, SE dan Wakil Bupati Franky Donni Wongkar, SH dilakukan oleh Sekretaris Daerah Denni Kaawoan, SE, M.Si. peluncuran secara simbolis diberikan kepada  perwakilan anak TK dan SD.

Dalam sambutannya Kaawoan, mengungkapkan, kira program kartu identitas anak (KIA) benar-benar bermanfaat bagi anak -anak DiMinsel, karena hal ini sesuai dengan amanat undang-undang. Selain merupakan kartu identitas resmi, dengan KIA, pemerintah juga bisa mengetahui jumlah pasti penduduk yang berusia 0 sampai 16 tahun. “Dengan adanya KIA ini jadi jelas, berapa jumlah penduduk Minsel yang usianya 0 sampai 16 tahun,” katanya.
Menurutnya, dengan KIA, diharapkan ke depannya bisa meminimalisir eksploitasi terhadap anak-anak diminsel. Karena secara otomatis, dengan kepemilikan KIA nama sekaligus alamat lengkap si pemilik tercantun dalam kartu tersebut, memudahkan pemerintah untuk memantau keberadaan mereka dan orang tuanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Coorneles Mononimbar, menyatakan, bagi orang tua wajib mendaftarkan anaknya agar dapat diterbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) terutama bagi anak usia 0 sampai 16 Tahun. dengan persyaratan wajib memiliki akte kelahiran yang resmi memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) .

“Pendaftaran dilakukan di kantor Disdukcapil Minsel, dengan mengsertakan Akte Kelahiran dan foto 2×3 bagi anak di atas 5 sampai 16 Tahun dan tidak  bagi anak umur 0-5, serta kartu keluarga, ” Ucap pejabat yang pernah membawah siswa minsel magang didafao philipina.

“Kepada para orang tua yang anaknya sudah lahir, diharapkan untuk melaporkan ke Disdukcapil agar dimasukan dalam kartu keluarga. sehingga dapat memperoleh NIK, sehingga bisa diterbitkan akte kelahiran serta juga KIA. Tambahnya,

“akte kelahiran diperlukan agar dapat memenuhi data kependudukan dan menunjukan identitas dirinya dalam sebuah keluarga, berbeda dengan KIA, kartu ini lebih diperlukan bagi anak, karena akan mempermudah anak dalam pengurusan berbagai hal. dirinya mencotohkan , Jika akan hendak membuka buku tabungan, tidak lagi meminta surat keterangan dari Disdukcapil, saat pembelian tiket pesawat bagi anak, juga dapat menggunakan KIA, BPJS kesehatan juga akan terconnect dengan seluruh layanan publik, karena telah memiliki NIK.

“KIA memiliki fungsi sama dengan KTP, kalau orang dewasa 17 tahun keatas mendapatkan KTP, anak-anak 0 sampai dengan 16 tahun dapat KIA, setidaknya KIA dapat membantu mempermudah anak dalam berproses,” Tutupnya (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed