oleh

Wujudkan Program Minsel Swasembada Pangan. Distan latih Para Operator Alsintan.

FB_IMG_1543392445013

 

Wartasulut. Com, Minsel — Guna menunjang modernisasi pertanian serta mengsukseskan program Upsus Pajale di Kabupaten Minahasa Selatan. Dinas pertanian melaksanakan pelatihan penggunaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada para operator yang ada disetiap kecamatan, terlebih kecamatan yang adalah sentra produk Padi dan Jagung.

Pelatihan yang digelar di BPU Desa Pontak Satu, pada Selasa, (27/11) kemarin, para peserta selain dibekali teori mekanisme pengoperasian Alsintan terutama alat untuk memanen padi dan jagung. Mereka juga diberikan  kesempatan mengoperasikan setiap alat yang ada dengan melakukan panen padi sawah milik para petani.
Program Pelatihan operator Alsintan dilaksanakan untuk menopang program Modernisasi Pertanian yang digalakkan pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Minahasa Selatan sebagai daerah Swasembada pangan.

Kadis Pertanian Minsel Franky Pasla MSi, melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Brian Rantung MSi, mengatakan bahwa program pelatihan operator Alsintan ini, dalam rangka optimalisasi sumber daya manusia dalam pemanfaatan alat panen padi dan jagung yang diberi nama Combine Harvester, agar supaya nantinya Minsel akan semakin lebih banyak yang bisa mengoperasikan Alsintan tersebut.

 

Bupati Minahasa Selatan terus giat melakukan terobosan, dalam rangka memajukan pertanian di Minahasa Selatan dengan mendatangkan berbagai alat mesin pertanian modern, guna mewujudkan Minsel Swasembada pangan, dan untuk kesejahtraan masyarakat.

“Ini merupakan program Bupati DR.Christiany Eugenia Paruntu SE, dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar SH, melalui Dinas Pertanian yang dikomandoi Kadis Franky Pasla MSi, untuk mencetak sumber daya manusia, dalam mengoperasikan alat mesin pertanian yang modern,” ungkap Brian Rantung

Ditempat terpisah Over Sumual salah satu peserta pelatihan operator Alsintan, mengatakan, sangat berterima kasih dengan program-program Bupati Christiany Eugenia Paruntu, dalam rangka memperhatikan kesejahteraan petani, dimana berbagai program-program tersebut sangat memudahkan para petani dalam mengolah lahan, dengan tersedianya Alsintan dan Benih berkualitas bagi petani Minsel.

“Kami sangat berterima kasih kepada Ibu Bupati Tetty Paruntu, yang selalu memperhatikan kebutuhan petani, dimana salah satunya dengan adanya pelatihan Alsintan ini, dan nantinya pelatihan ini akan mendukung Modernisasi Pertanian di Minahasa Selatan guna mewujudkan Minsel Swasembada Pangan,” kata salah satu peserta Ober Sual.

Dalam kesempatan wawancara tersebut juga, Kabid TP&H Distan Misnel Brian Rantung mengajak kepada warga Minahasa Selatan, untuk selalu giat menanam, karena bila kita giat menanam, kita akan sejahtera di kemudian. “Semangat menanam, sejahtera dikemudian,” jelas Brian Rantung singkat.

Kegiatan pelatihan penggunaan atau pengoperasian alat panen jagung dan padi tersebut diikuti oleh peserta dari berbagai kecamatan divMinsel yang merupakan sentra jagung dan padi, hadir pula beberapa kepala BPP, staf dan pegawai serta instruktur alsintan tersebut. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed