Kompol Winarko Cs Tes Kejiwaan Personil Polisi di Jajaran Polres Bitung

PSIKOLOGI: Nampak personil polisi disalahsatu polres di Indonesia tengah menjalani tes kejiwaan.(foto; ist)

PSIKOLOGI: Nampak personil polisi disalahsatu polres di Indonesia tengah menjalani tes kejiwaan.(foto; ist)

 

Wartasulut.Com, Bitung – Polda Sulut melalui Tim Biro Sumber Daya Manusia melakukan tes psikologi kepada para polisi berpangkat perwira dan pemegang senjata api (senpi) di Jajaran Polres Bitung, Sabtu (24/11/2018).

“Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kondisi kejiwaan setiap anggota, termasuk untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosinya,” tukas Kapolda Sulut melalui Kabag Psikologi Biro Sumber Daya Manusia (SDM), Kompol Winarko saat berada di Mapolres Bitung.

Masing-masing personil, aku Winarko, mengisi data profil klinis psikologi dan diutamakan yang berdinas dua tahun di satuan fungsi maupun jajaran polsek. Data tersebut berfungsi sebagai bahan evaluasi tentang kejenuhan di tempat kerja. “Akan kami evaluasi tingkat kejenuhan personil, jika itu telah sampai pada tingkat atau level tertinggi, rekomendasi kami salah satunya yaitu mutasi tempat maupun fungsi,” terangnya.

Selain itu, tes dilakukan untuk mengevaluasi tingkat stres personil di tempat kerja karena kebosanan, sehingga menimbulkan rasa malas datang ke kantor dan sebagainya. Untuk hal-hal seperti ini, bisa dikonsultasikan kepada pihaknya (Bagian Psikologi Biro SDM) maupun di Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Sulut.

“Kami juga bertugas melayani konseling bagi seluruh personil Polri yang mempunyai permasalahan baik di dalam maupun di luar dinas,” ucap Winarko yang juga sebagai ketua tim.

Pun juga, lanjut Winarko, hasil tes kejiwaan akan diketahui apakah layak atau tidak polisi yang bersangkutan memegang senpi. Sebab tidak semua anggota kepolisian dibolehkan memegang senpi. “Jika hasil tes tidak memenuhi syarat, maka personil tersebut tidak diperkenankan memegang senpi dinas,” tandasnya.(rex/ant)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan