oleh

CEP : Klinik Pertanian Sebuah Terobosan Mewujudkan Program Modernisasi Pertanian DiMinsel.

FB_IMG_1546530139252

Wartasulut. Com, Minsel — Topang peningkatan produksi pertanian untuk kesejahteraan  petani  guna mewujudkan Program Modernisasi Pertanian. Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu,SE sosialisasikan pengembangan Klinik Pertanian yang akan dilaksanakan pemerintah daerah. Kepada para Lurah/Kumtua serta Camat dalam rapat koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan dilantai 4 kantor bupati Minahasa Selatan, Kamis (3/12) sore tadi.

Bupati DR. Christiany Eugenia Paruntu,SE dalam sambutannya saat membuka Kebijakan rakor, mengatakan, pemerintah daerah telah berupaya mendatang bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah pusat melalui pihak kementerian pertanian. Hal ini bertujuan untuk membantu para petani secara masif mulai dari pengolahan lahan sampai dengan tahap panen dan pasca panen sehingga merubah kegiatan usaha pertanian dari sistem tradisional menuju pertanian yang modern (modernisasi pertanian).

“Modernisasi pertanian mutlak dilakukan untuk menjadikan Minahasa Selatan sebagai salah satu lumbung pertanian disulawesi Utara. Salah satu langkah moderenisasi pertanian yang akan dilaksanakan dengan pengembangan klinik pertanian dan sistem aplikasi yang akan diterapkan saat bercocok tanam, hak ini bertujuan agar dapat menunjang petani dalam meningkatkan produksi terutama untuk kesejahteraan petani” ujar  Tetty sapaan akrab bupati

“modernisasi pertanian yang sementara diterapkan ialah melalui penggunaan alsintan dari aspek ekonomi secara signifikan terbukti mampu meningkatkan produktivitas komoditas pangan dan pendapatan keluarga petani sehingga proses produksi makin meningkat. Penggunaan alsintan pada setiap tahap kegiatan produksi, panen dan pasca panen mampu menghemat biaya pengolahan tanah, biaya tanam, biaya penyiangan, dan biaya panen karena sebagian besar tenaga kerja sudah diganti oleh penggunaan alsintan yang jauh lebih efisien.

“Hal ini sejalan dengan program Presiden RI, Joko Widodo bahwa modernisasi pertanian saat ini dibutuhkan dalam mewujudkan program kedaulatan pangan serta tentunya juga agar kehidupan petani lebih sejahtera,” tegas ibunda tercinta dari Adrian Jopie Paruntu. (feidy Lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed