oleh

Berkat Dandes Petani Motoling Satu Makin Muda Keluarkan Hasil Pertanian.

Foto : Kumtua Donald Manese bersama para pekerja sementara melaksanaan pekerjaan pengecoran
Foto : Kumtua Donald Manese bersama para pekerja sementara melaksanaan pekerjaan pengecoran
Wartasulut. Com, Minsel — Tanah yang subur yang diberikan Sang Maha kuasa untuk kabupaten Minahasa Selatan menjadi berkat bagi masyarakat yang ada diDesa Motoling Satu Kecamatan Motoling untuk menanam kelapa mau cengkih serta berbagai jenis tanaman lainnya.
Hasil melimpah yang dari tanaman cengkih maupun kelapa yang dibuat kopra. Menyulitkan petani untuk mengeluarkan hasil pertanian yang dimiliki hal ini disebabkan tak ada infrastruktur jalan yang memadai dan layak dilalui kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Menyebabkan para petani yang ada diperkebunan Tewalen harus mengeluarkan biaya lebih saat mengeluarkan hasil yang  dimiliki karena menggunakan tenaga manusia. Biaya yang dikeluarkan per 1 karung kopra dipatok harga 30-50 ribu rupiah tergantung jarak kebun.
“Dengan adanya Dana Desa (Dandes) kini jalan rabat beton sepanjang kurang lebih 320 meter juga saluran air/drainase sepanjang 400 meter, serta 4 buah plat decker diperkebunan Tewalen sementara dibangun oleh pemerintah desa, pekerjaannya pun telah masuk pada tahap pengecoran. Sebagai pemiliki kebun yang ada dilokasi tersebut tentunya sangat senang. “ujar Oldi Tiwa, Selasa (12/2).
Foto : median tanah yang curam diperkebunan Tewalen
Foto : median tanah yang curam diperkebunan Tewalen
Senada juga disampaikan pemilik kebun  lainnya Yus Pulele. Agar pembangunan jalan yang dilaksanakan boleh mencapai pada ujung perkebunan Tewalen. Saya rela pohon kelapa dan cengkih yang terkena jalan ditebang. Hal ini dilakukan agar para petani yang  lain juga bisa merasakan manfaat  dari pembangunan jalan ini. Terimakasih kepada pemerintah desa yang boleh menganggarkan pembangunan jalan diperkebunan kami” ungkapnya.
Senada disampaikan Joule Lendo, Noldi Rumondor. Dengan adanya Dandes saat seluruh jalan maupun drainase yang ada diDesa kami telah diperbaiki. Syukur kami berkat program Presiden Jokowi lewat dandes desa yang kami cintai ini makin maju dan berkembang,” ujar keduanya
Sementara itu, Hukum Tua Motoling Satu Donald Manese mengungkapkan. Pembangunan jalan rabat beton serta saluran air/drainase juga plat decker diperkebunan Tewalen untuk mempermudah para petani dalam mengeluarkan hasil pertanian yang dimiliki. Jika akses jalan yang dibangun telah dapat dilalui kendaraan bermotor roda maupun empat, tentu akan mengurangi biaya yang dikeluarkan para petani. Hal ini akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat sebagaimana tujuan pengalokasian dana desa yang diprogramkan presiden Jokowi. Pekerjaan pembangunan yang dilaksanakan memberdayakan tenaga warga desa hal ini juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga tingkat pengangguran boleh berkurang. “Jelas Manese (Feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed