oleh

Perkuat Pengawasan Pemilu, Bawaslu Minsel Bekali Para Panwas Desa/Kelurahan.

IMG20190225125026

Wartasulut. Com, Minsel — Guna memperkuat pengawasan pemilu di tingkat desa/kelurahan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar bimtek kepada para panwas Desa/Kelurahan. Yang dilaksanakan dikantor Bawaslu Minsel, Senin (25/2).

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem, Kegiatan bimtek ini kami laksanakan dalam rangka memperkuat peningkatan pengawasan bagi para pengawas desa/kelurahan. Sebagaimana yang diamatkan dalam Undangan-Undang No. 7 tahun 2018 secara khusus pasal 280 tentang Pengawasan.

“Perlunya peningkatan pengawasan tingkat desa/kelurahan dalam mencegah terjadinya pelanggaran, karena ditingkatan inilah potensi kerawanan pelanggaran berpotensi besar terjadi. Seperti penggunaan fasilitas Pemerintah, fasilitas pendidikan, tempat ibadah. Mobilitas ASN, Hukum Tua, Perangkat desa, bahkan lainnya yang hanya menguntungkan pihak tertentu. Jika hal ini dapat dicegah pemilu yang  akan dilaksanakan boleh berjalan sebagaimana prinsip langsung, umum, bebas, rahasia (luber) serta jujur dan adil (jurdil). “Ungkap Keintjem

Sementara Anggota Bawaslu Minsel Divisi Pengawasan Abdul Majid Mamosei, menjelaskan kegiatan bimtek kepada 177 pengawas desa/kelurahan se-kabupaten Minsel yang dilaksanakan ini adalah bagian dari strategi. Dalam melaksanakan pencegahan terhadap pelanggan ataupun kecurangan pemilu. Yang dinilai dari 4 hal yaitu, konteks sosial politik, penyelenggaraan pemilu, kontestasi, dan partisipasi dari itulah kami merancang strategi, agar nantinya pemilu yang akan dilaksanakan boleh terjadi sebagaimana yang kita harapkan.” ungkapnya.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan dibagi dalam 3 kloter, untuk kloter pertama ini meliputi Kecamatan Sinonsayang, Amurang, Amurang Barat, Kumelembuai, Motoling Timur. Dengan pembawah materi para komisioner Bawaslu Minsel. Eva Keintjem (Devisi Pencegahan), Abdul Madjid Mamosei (Devisi Pengawasan), dan Franny Sengketa (Devisi Penindakan). (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed