oleh

Sejarah Baru Minsel Jadi Daerah Pertama Pengembangan IKM Kelapa Terpadu.

IMG-20190226-WA0024

Wartasulut. Com, Minsel — Predikat kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebagai daerah sentra produksi tanaman Kelapa disulawesi Utara. Membawah keuntungan tersendiri bagi daerah yang dipimpin Bupati Christiany Eugenia Paruntu. Keunggulan kelapa minsel membuat Kementrian Perindustrian terpesona. Potensi kelapa yang luar biasa  menjadikan minsel sebagai ‘pilot’ projek. Dan satu-satunya daerah diSulawesi Utara untuk pengembangan IKM industri kelapa terpadu.

Kesepakatan kerjasama pengembangan kelapa diwujudkan dalam pertemuan bersama yang digelar  pemkab Minsel dan Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih, di Hotel Sutan raja Amurang. Selasa (26)2) ini.

Potensi kelapa yang dimiliki Minsel  membuat Wibawaningsih terkagum. Menurutnya walaupun banyak daerah di Sulut sebagai penghasil kelapa. Tapi Minsel memiliki keunggulan tersendiri.

“Lihat potensi kelapanya. Sehingga kami tetapkan Minsel menjadi daerah sentra ekselen kelapa. Bupatinya cekatan dan punya semangat,” ungkapnya.

Selain Minsel diapun mengatakan Gorontalo sempat menjadi nominator pengembangan industri kelapa. Hanya saja salah satu pertimbangannya Minsel memiliki pelabuhan yang bagus dan bisa langsung diekspor ke Filipina.

“Jadi  kalau ada yang ingat kelapa, mereka teringat Minsel. Kita bantu deh IKM-IKM di sini,” janji Dirjen. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed