oleh

Kwalitas Bibit Jelek Petani Bawang Putih Modoinding Merugi.

IMG20190306184511

Wartasulut. Com, Minsel — Para petani Bawang Putih diKecamatan Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan merugi karena hasil panen tak sesuai harapan. Kerugian tersebut diduga karena benih yang ditanam jelek bahkan telah kadarluwarsa.

Tanaman bawang putih dalam pertumbuhan
Tanaman bawang putih dalam pertumbuhan

Hal tersebut di katakan Nova Kumendong salah satu ketua kelompok tani perempuan yang ada diDesa Wulur Maatus kepada media ini, Kamis (7/3) pekan kemarin.

“Bantuan dari perusahaan PT. Gemini Citra Mulya bagi kelompok, pada awal menanam tumbuh cukup baik namun pada saat dipanen hasilnya hanya sebesar jari jempol, bagaimana yang ditanam begitu juga yang dipanen,” bebernya.

“hasil panen yang kami dapat jika  dibandingkan dengan pengeluaran tak seimbang jauh, biaya yang dikeluarkan untuk perawatan bawang putih bahkan jauh lebih mahal dari tanaman lain seperti kentang dan bawang batang. “Mulai dari perawatan harus sewa orang bersihkan lahan dan pemupukan lebih mahal. Kentang sudah dua kali panen, bawang putih belum, jadi pantaslah kalau para petani mengeluhkan hal ini karena mereka sangat merugi,”bebernya

Hal senada di ungkapkan Royke Komaling. Sebagai petani tentu kecewa dengan hasil panen yang dihasilkan, rata-rata petani yang menanam bibit bawang putih yang disalurkan mengalami gagal panen. Tak tau mengapa apakah pengaruh tekstur tanah  ataukah bibitnya yang kurang baik. Yang pasti kami sebagai petani sangat dirugikan.

“Oleh karena variatas bibit yang diberikan jelek kami harus mengalami kerugian. Jangan jadikan petani sebagai tumbal perusahaan dalam meraup keuntungan.” ungkapnya.

“Diketahui, pada Juli 2018 PT. Citra Gemini Mulya menyalurkan ratusan ton bibit bawang putih kepada sejumlah petani khususnya di Kecamatan Modoinding. Dengan menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 24 miliar untuk mengembangkan komoditi bawang putih di lahan seluas 400 hektar. Namun pada perjalanannya, petani mengalami kerugian akibat gagal panen bawang putih. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed