oleh

Tertius : Wujudkan Pembangunan Minsel Yang Terarah, Desa/Kelurahan Harus Gunakan Pemetaan Citra Satelit.

IMG-20190322-WA0007
Foto : Kaban Bapelitbang Minsel Tertius Ulaan menunjukkan contoh pemetaan citra satelit untuk wilayah desa di Minsel.
Wartasulut. Com, Minsel — Selaraskan Program pembangunan diseluruh wilayah kabupaten Minahasa Selatan dari desa dan kelurahan sampai kabupaten, kini bakal lebih tepat sasaran. Setiap desa dan kelurahan saat ini sudah harus menggunakan citra satelit untuk pemetaan wilayah.
Sedangkan peta menggunakan citra satelit tersebut bisa diambil langsung di Bapelitbang Minsel. Hal itu disampaikan Kaban Bapelitbang Tertius Ulaan, Jumat (22/3).
“Sekarang sudah harus ikut program satu peta. Jadi untuk pemuatan profil desa dan kelurahan atau apa saja harus menggunakan pemetaan menggunakan citra satelit. Pemetaan itu ada dan harus ambil di Bapelitbang,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.
Nantinya, Hukum tua secara gratis bisa langsung menyampaikan permohonan peta wilayah untuk ambil secara gratis. “Jadi hukum tua bisa langsung ajukan permohonan untuk dapatkan peta wilayah desa misalnya secara gratis. Tapi ini tidak boleh digunakan untuk kepentingan pihak ke tiga. Kalau misalnya ini dianggarkan di Dandes untuk ambil peta citra satelit, kita minta untuk di hapus, karena ambil di sini itu gratis,” tegasnya.
Ulaan mengungkapkan, saat ini pihaknya akan menyurat lewat sekda untuk disampaikan ke PMD untuk diedarkan. “Nanti dari PMD bisa edarkan ke desa-desa perihal ini. Karena kita ambil citra satelit itu dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) jadi akan sangat sesuai dan akurat. Dengan begini juga pembangunan desa bisa terarah, karena dengan peta itu bisa dilihat dimana ada titik kawasan lindung, kawasan rawan bencana longsor atau sering banjir atau ada patahan. Dengan begitu pembangunan tepat sasaran dan tidak menyalahi aturan,” pungkas Ulaan.(Feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed