oleh

Pemda Bakal Menghibahkan 20 Hektar Lahan HGU Untuk Masyarakat Sapa Raya.

IMG-20190404-WA0012
Wartasulut. Com, Minsel — Masyarakat Desa Sapa Raya yang berpenduduk sebanyak 3.058 Jiwa dalam waktu dekat segera mendapatkan lahan pemukiman kurang lebih 20 Hektare yang akan diberikan oleh pemerintah kabupaten Minahasa Selatan.
Pemberian lahan pemukiman bagi masyarakat oleh Pemerintah daerah akan diambil dari lahan Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah tidak produktif di wilayah Desa Sapa Raya.
“Hal ini disebabkan karena jumlah penduduk yang ada diketiga desa tersebut makin meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu tentunya penduduk perlu pemukiman yang lebih besar. Banyak juga warga yang mengharapkan hal tersebut segera direalisasikan,” ujar Camat Tenga Melalui Sekertaris Kecamatan Jahja Tampi ketika ditemui, Kamis (4/4).
Data yang ada saat ini jumlah penduduk Desa Sapa Raya Sebanya 3.058 Jiwa yang terbagi atas 1.071 jiwa untuk Desa Sapa Timur, 956 Jiwa untuk Sapa Induk, dan 1.031 jiwa untuk Desa Sapa Barat. Sementara besar wilayah lahan 3.630 Hektar sudah termasuk wilayah perkebunan dinilai belum cukup menampung jumlah penduduk.
Kepala BPN Minsel Deany Keintjem mengungkapkan lahan HGU tidak produktif sudah dilepas. “Yang lahan HGU 20 hektar sudah dilepas, tapi kita masih menunggu penetapan lokasinya di mana, saat kami sedang berkoordinasi dengan pemerintah untuk itu. Surat pelepasan lahan dari perusahaan sudah dikantongi. Sedangkan untuk pembagian lahan 20 hektar itu kita serahkan kepada pemerintah daerah, tapi peruntukannya untuk warga yang belum punya tanah, “ungkap Keintjem. (Feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed