oleh

PMD Minsel Mulai Merealisasikan Pencarian ADD Dan Dandes.

tSEP3A60_400x400Wartasulut. Com, Minsel — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mulai merealisasikan pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) Triwulan 1 dan Dana Desada (Dandes) Tahap 1.

Terhitung sampai dengan Rabu 09 April kemarin, pencairan ADD telah disalurkan kepada 42 Desa sedangkan untuk Dandes sebanya 33 Desa. “Ucap Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) melalui Sekretaris Altin Sualang.

Menurutnya, tahanpan ataupun mekanisme untuk bisa melakukan pencairan desa harus memasukkan dokumen perencanaan “gagal merencanakan sama gahaln dengan merencanakan kegagalan”, makanya yang pertama dilakukan sebelum Anggaran berjalan yaitu APBDes dievaluasi. Desa-desa yang belum dievaluasi wajib dievaluasi, sejauh ini tinggal beberapa desa yang belum dievaluasi secara keseluruhan tidak ada desa yang menghadapi masalah dalam penyusunan APBDes.”Ucap Sualang. Kamis (10/4)

“Diingatkan Kepada desa yang sudah menerima pencairan penggunaan ADD dan Dandes diharapkan untuk menggunakan anggaran sesuai dengan APBDes. Jadikan APBDes sebagai pedoman jangan melaksanaan kegiatan jika tak tertata dalam APBDes karena itu pasti akan menjadi temuan.

“Sedangkan untuk desa-desa yang sudah dievaluasi tapi belum pencairan secepatnya menyelesaikan administrasi yang ada, terlambat melakukan pencairan akan berdampak pada penyerapan anggaran,  karena ini sudah masuk pada bulan April hampir pertengahan tahun jangan sampai sudah habis tahun anggaran terus anggaran tak bisa terserap maksimal, ini akan menjadi masalah didesa tahun anggaran sudah berakhir namun masih ada pekerjaan yang belum terealisasi.

Sesuai dengan program nasional yang juga program Presiden Jokowi yakni “padat karya tunai” 30% dari dana pembangunan harus diperuntukan untuk Harian Orang Kerja (HOK). Hal-hal ini yang harus diperhatikan oleh desa. “Jelas Sualang (Feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed