oleh

Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah Minsel Gelar Lomba Bercerita.

20190517080302

Wartasulut. Com, Minsel — Tingkatkan kecerdasan bangsa serta menumbuhkan kembangkan masyarakat untuk gemar membaca, menuju Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) hebat dan terdepan. Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah (PKD) Minsel, gelar Lomba Bacirita tingkat sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Minsel. Bertempat di Aula Waleta, Kantor Bupati. Kamis (16/05).
Berdasarkan amanat UUD 1945 juga UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang bertujuan meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan. Maka dilaksanakanlah lomba bercerita ini.
Kegiatan lomba yang dibuka oleh asisten I  Handri Sondak mewakili Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu (CEP), dalam sambutannya mengatakan, kegiatan lomba yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, tingkat provinsi, sampai tingkat Nasional.
“Diharapkan melalui lomba ini, para siswa-siswi akan termotivasi untuk menumbuhkan kegemaran membaca. Secara langsung akan terpelihara dan terlindungi setiap koleksi atau bahan pustaka agar tidak mengalami penurunan nilai dan yang dapat dimemanfaatkan ommasyarakat luas untuk jangka waktu yang panjang,”ujar Sondakh.
“Sebagai pemerintah daerah mengharapkan, melalui kegiatan ini, akan anak-anak yang cerdas  dari kabupaten Minsel untuk berkompetisi di level yang lebih tinggi, baik tingkat provinsi maupun nasional.
“Kiranya dengan pelaksanaan lomba becerita ini, akan memberikan inspirasi kepada anak-anak bangsa untuk terus berkarya dan giat membaca buku. Karena buku adalah sumber limu,” punkas Sondakh.
Senada juga disampaikan Kepala Dinas PKD Minsel Luky Tampi,  hal ini sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Minsel. “Yaitu meningkatan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, maka dalam rangka meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca, Dinas PKD melalui program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan. Yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga, melaksanakan Kegiatan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Minsel Tahun 2019 yang di rangkaikan dengan hari buku Nasional Republik Indonesia dan hari perhimpunan masyarakat Gemar Membaca serta, hari ulangTahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” jelas Tampi.
Peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah siswa siswi kelas 4 dan 5 SD/MI. Jumlah Peserta adalah 51 orang, terdiri dari pemenang 1,2,3 di tiap Kecamatan.
Hasil Lomba Bacirita :
Juara 1. Vanessa Aleng, SD Impres Mopolo
Juara 2. Serafim Winerungan, SD 2 Amurang
Juara 3. Grazela Mongkareng, SD Impres Kawangkoan Bawah (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed