oleh

Porayow Dandes Karimbow Talikuran Untuk pemberdayaan Dan Pembangunan.

APBDes Desa Paslaten Satu
APBDes Desa Karimbow Talikuran

 

Wartasulut. Com, Minsel — Himbauan Bupati Minahasa Selatan Cristiany Eugenia Paruntu,, SE kepada para Hukum Tua agar  dalam mengelola Dana Desa (Dandes) harus dilakukan secara transparan dan akuntable diimplementasikan dengan baik oleh Desa Karimbow Talikuran Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Hukum Tua Desa Karimbow Talikuran Djoni Porayow, SiP, prinsip akuntabel dan transparan dalam pengelolaan Dandes, dilakukan agar supaya masyarakat secara langsung dilibatkan dalam pengawasan penggunaan dana.

“Dengan melibatkan masyarakat sebagai pengawas langsung, bertujuan mereka dapat melihat sejauh mana penggunaan dana ini demi Pelaksanaan pembangunan desa, yang didalamnya untuk mewujudkan desa yang dicintai semakin maju dan berkembang. Bahkan kesejahteraan masyarakat pun semakin meningkat. “Jelas Porayow

Kerja bakti masyarakat dilokasi pekerjaan
Kerja bakti masyarakat dilokasi pekerjaan

 

“Dengan berpedoman pada prinsip akuntabilitas dan transparan, pelaporan penggunaan Dandes Desa Karimbow Talikuran dipublikasikan secara terbuka baik melalui media masa, baliho, maupun laporan pertanggung jawaban yang akan disampaikan kepada masyarakat, hal dilakukan untuk menghindari adanya dugaan penyimpangan. ”Ungkap Porayow

Agar diketahui tahun 2019 ini Dana sebesar  Rp.1.154.015.263 yang bersumber dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD)  serta penerimaan dan pendapatan lainya yang diperoleh Desa Karimbow Talikuran difokuskan untuk pembangunan dan kemajuan desa.

“Ada pun pelaksanaan penggunaan dana meliputi

– Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa Rp. 373.917.263

– Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa Rp. 594.619.000

– Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Rp. 72.220.000

– Bidang Pemberdayaan Kemasyarakatan Rp. 93.860.000

Untuk pembangunan yang akan dilaksanakan ialah Rabat Beton jalan menuju lapangan (P:150 M, L:3M) Rp. 186.626.900, Drainase jalan AER jaga I Rp. 36.919.449, Renovasi Balai Desa Rp. 100.307.000, Talud penahanan tanah jalan AER Rp. 189.307.851,  Talud penahanan jalan Rote jaga V Rp. 72.215.100.

“Semoga apa yang menjadi perencanaan ditahun ini semua dapat dilaksanakan. Dengan begitu tahun 2020 nanti kita fokus pada pelaksanaan pengembangan perkebunan dan pertanian melalui peningkatkan sarana produksi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat. “Jelas Porayow. (Feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed