oleh

Dandes Poopo Fokus Pada Infrastruktur Dan Pemberdayaan Demi Kemajuan Desa.

Foto : pelaksanaan pembangunan balai yang sementara dilaksanakan
Foto : pelaksanaan pembangunan balai yang sementara dilaksanakan

 

Minsel, Wartasulut. Com — Digelontorkannya Dana Desa kepada seluruh desa di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo, bertujuan untuk mewujudkan pembangunan dipedesaan dalam mewujudkan peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Agar tepat sasaran dan tak ada penyelewengan penggunaan dana miliaran rupiah pedesa ini. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo menerbitkan Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2018. Dengan beberapa prioritas utama diantaranya seperti yang terdapat dalam 3 Ayat Pasal 4. Pemerintah Desa harus memiliki arah dan pandangan mengenai pemanfaatan Dana Desa tersebut.

IMG_20190705_110814

Pengimplementasian tujuan pemberian dana ini oleh pemerintah pusat dilaksanankan dengan baik oleh pemerintah Desa Poopo Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan, pemanfaatan penggunaan Dana Desa diwujudkan dengan melaksanakan pembangunan Rehabilitasi Balai. Dengan volume 12 Meter kali 30 Meter  anggarannya sebesar Rp. 381.605. 200, dimana pelaksaan pekerjaannya dimulai pada pertengahan bulan Juni kemarin.

Camat Ranoyapo Joiske Wakas mengatakan, pelaksanaan pembangunan  pembangunan Rehabilitasi Balai telah melalui tahapan musyawarah Desa, sehingga di tahap Pertama pencairan dana desa langsung dilaksanakan pembangunan pekerjaan ini, “ujar .

“Agar diketahui masyarakat luas pemanfaatan dana desa yang ada diDesa Poopo untuk perkembangan dan kemajuan desa, tentunya didalamnya untuk kesejahteraan masyarakat. Sebagai Camatnya saya mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama melaksanakan pengawasan, hal ini sesuai dengan amanat undang-undang ”Ungkap Wakas

Terpisah Hukum Tua Poopo Erik Pekan mengatakan, kalau kegiatan pengelolaan Dana Desa yang akan kita laksanakan ditahun ini, sesuai dengan program – Program yang sudah di tata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan ialah rabat beton, gorong-gorong, jalan pemukiman, peta wilayah, dan pembangunan peningkatan balai, “Ujar Pekan, Selasa (6/7) kemarin

”Agar apa yang diprogramkan ini boleh terlaksana, saya meminta dukungan serta suport dari masyarakat agar pembangunan yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik” Ucap Pekan. (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed