oleh

Dandes Karimbow Fokus Pada Penyediaan Air Bersih.


FB_IMG_1563979616256

Minsel, Wartasulut. Com — Digelontorkannya Dana Desa kepada seluruh desa di Indonesia oleh Presiden Joko Widodo, bertujuan untuk mewujudkan pembangunan dipedesaan dalam mewujudkan peningkatan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

Agar tepat sasaran dan tak ada penyelewengan penggunaan dana miliaran rupiah pedesa ini. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo menerbitkan Peraturan Menteri No. 16 Tahun 2018. Dengan beberapa prioritas utama diantaranya seperti yang terdapat dalam 3 Ayat Pasal 4. Pemerintah Desa harus memiliki arah dan pandangan mengenai pemanfaatan Dana Desa tersebut.

FB_IMG_1563979646982

Pengimplementasian tujuan pemberian dana ini oleh pemerintah pusat dilaksanankan dengan baik oleh pemerintah Desa Karimbow Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan, pemanfaatan penggunaan Dana Desa diwujudkan dengan melaksanakan pembangunan bak air bersih yang ada diwilayah Kecamatan Kumelembuai.

Camat Motoling Timur Eva Kaligis mengatakan, pelaksanaan pembangunan  pembangunan Bak air bersih ini, juga mengantisipasi ketersediaan air bersih bagi masyarakat Karimbow, hal ini sesuai dengan hasil keputusan musyawarah Desa. “ujar Kaligis.

Kumtua Lineke Moring, Mengatakan kegiatan Dana Desa (DD) untuk Desa Karimbow untuk fisik pada tahun 2019 ini, semua akan di fokuskan pada kegiatan pembuatan Bak Air bersih.walaupun dalam Rap yang sudah di tata berjumlah Rp 700 Juta untuk Pembuatan Bak Air bersih yang akan di ambil dari Mata Air Kumelembuai dengan jarak samapai Desa Karimbow 8 Km.

“Ditambahkan Lineke sebenarnya anggaran tidak mencukupi, tetapi Pemerintah desa yakin bahwa semua itu akan terselesaikan, karna itu sudah menjadi keputusan di Musyawarah desa pada waktu yang lalu,dan sudah menjadi Keputusan kami akan menambah anggaran dengan Swadaya masyarakat berjumlah Rp 100 juta, dan juga akan akan dibantu dari Pihak Ketiga berjumlah Rp 300 juta jadi total anggaran 1,1M. “Ungkap Hukum tua. Rabu (24/7)

Ketua BPD desa Karimbow Jelly Lumi juga mengatakan, agar supaya masyarakat dapat menopang pembangunan dalam hal ini bak air, dan air bersih, yang akan dibuat pemerintah desa Karimbow demi kesejahtraan masyarakat yang ada.

”Kami juga sebagai BPD mengharapkan kepada masyarakat yang ada untuk dapat membebaskan lahan untuk pemasangan pipa air, karna tampa dukungan masyarakat pasti program pemerintah desa tidak akan dapat berjalan sebagaimna mestinya.”Ugkapnya (feidy lahope)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed