Idulfitri di Talaud, Jamaah Sholat di Luar Sambil Pake Masker

 

IMG-20200525-WA0006TALAUDwartasulut.com – Perayaan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah di Kabupaten Kepulauan Talaud berlangsunh dengan penuh hikmat, meski sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang membuat perayaan hari raya Idulfitri tak semeriah seperti sebelumnya.

Pelak saja, dengan adanya Pandemih Covid-19, pelaksanaan pawai takbiran pun tidak di bolehkan bahkan pelaksanaan ibadah berjamaah tak di perkenankan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seperti halnya di Masjid Jabal Rahmah Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud yang melakukan sholat Ied di luar gedung Masjid guna mematuhi anjuran pemerintah untuk menjalankan Protap Kesehatan.

“Sholat ied dilaksanakan di halaman masjid agar jamaah dapat menjaga jarak satu sama lain sesuai protap kesehata,” ungkap Imam Masjid Jabal Rahma Hi. Sumanto Ali Minggu, (24/5) pagi pukul 07.30 usai sholat ied di halaman masjid Jabal Rahma Melonguane.

Tak hanya itu, dalam pelaksanaan sholat ied, seluruh umat di wajibkan untuk menggunakan masker, dan harus mencuci tangan serta menjaga social distancing dan phisycal distancing.

“Jadi sebelum masuk area masjid seluruh warga masyarakat harus di periksa suhu badannya, dengan alat khusus, serta mencuci tangan dan wajib memakai masker,” terang Imam Masjid.

Meski sholat ied yang berlangsung dengan penuh keharuan tersebut, seluruh jamaah terpantau sangat khusyuk mengikuti sholat ied tak terkecuali para petinggi TNI dan Polri yang ada di kabupaten Talaud yang merayakan hari raya idulfitri sembari menjalankan tugas pengamanan.

Disamping itu pula, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan, SH, SIK, MH saat mengungkapkan, pihaknya dengan di bantu oleh TNI Angkatan Daray dan TNI angkatan Laut bersinergi melakukan pengamanan di seluruh wilayah yang menggelar Sholat ied yang diwajibkan untuk tetap mematuhi maklumat Kapolri dan menjalankan Protap Kesehatan.

“Personil ada 240 orang, yang di bantu juga oleh TNI-AD dan TNI-AL. Kita wajibkan tetap mengikuti anjuran pemerintah dan menjalankan protap kesehatan dalam proses sholat ied, agar terhindar dari wabah virus corona,” tegas Kapolres.

Kapolres juga mengajak seluruh masyarakat agar bersatu, dan bergandengan tangan memanjatkan doa agar bangsa Indonesia terlebih khusus lagi Kabupaten Kepulauan Talaud terlindungi dan terhindar dari wabah Covid-19.

“Di hari raya idulfitri ini saya berharap, kita semua serentak memanjatkan doa bersama, mendoakan bangsa kita agar terus di lindungi oleh Tuhan yang maha esa dan virus corona ini cepat berlalu,” ucapnya. (mailen)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan