Tak Sesuai Ketentuan. DiMinsel Pensiunan Dan Pengawai Swasta Jadi Penerima BST

IMG_20200522_114509

Minsel, Wartasulut. Com — Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan program Kementerian Sosial sebagai perlindungan kepada warga yang terdampak Pandemi Covid-19.

BST adalah bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu dan kelompok rentan yang terkena dampak virus corona. Serta ditujukan bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan dari Kemensos. Sesuai Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai dalam penanganan dampak Covid-19.

“Realita yang terjadi dilapangan penyaluran BST tak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Mereka yang layak yaitu Masyarakat terdampak yang bukan anggota Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tak masuk dalam daftar penerima BST yang disalurkan melalui pihak Pos Indonesia. Namun justru mereka yang tak masuk dalam ketentuan sebagaimana aturan yang berlaku masuk dalam daftar penerima BST.

Seperti yang terjadi diKelurahan Lewet Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Yang menerima BST dalam penyaluran, Kamis (21/5) kemarin ialah  mereka yang memiliki penghasilan tetap perbulan maupun perminggu seperti Pensiun, Pegawai Swasta (BUMN dan Yayasan), serta Pedagang yang memiliki kendaraan baik roda dua maupun empat.

Hal ini menjadi pembicaraan ditengah masyarakat. Menurut masyarakat pendataan yang dilakukan terkesan pilih kasih. Kami yang memenuhi kriteria penerima tak dimintakan data. Sedangkan yang tak masuk dalam ketentuan sebagai penerima karena mungkin memiliki hubungan dengan perangkat walaupun belum lama berdomisili dikampung, serta berstatus ASN, Pensiunan, Pegawai Swasta yang berpenghasilan tetap didata sebagai penerima. Untuk itu kami meminta kepada instansi terkait agar melakukan validasi kembali daftar penerima BST yang ada sekarang ini. Kalau perlu bentuk tim untuk turun kelapangan melakukan pendataan kembali, sehingga bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Ucap para warga yang enggan namanya disebutkan (Tim)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan