Rumengan : Pekerjaan Perintisan Jalan Perkebunan Wasian Marisa Telah Diperiksa Serta Dievaluasi Inspektorat Dan PMD Minsel

20200623181433
Minsel, Wartasulut. Com — Penggunaan anggaran dana desa (Dandes) tahun 2019 Desa Makasili Lolombulan untuk Pemberdayaan maupun Pekerjaan Fisik telah selesai direalisasi dan dibuat pelaporan pertanggung jawaban.

Namun beredar kabar bahwa untuk pengerjaan pembangunan perintisan jalan perkebunan Wasian Marisa dengan volume panjang 1500 Meter dan Lebar 4 Meter yang menghabiskan anggaran Rp. 259.457.000, terindikasi  telah terjadi penyelewengan anggaran

Terkait hal diatas Hukum Tua Rommy Rumengan saat dikonfirmasi media ini, Selasa (23/6), menjelaskan. Penggunaan anggaran dana desa Makasili Lolombulan baik anggaran Pemberdayaan maupun pekerjaan fisik, telah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD) serta Inspektorat Minahasa Selatan. “Ucap Rumengan

Setiap kegiatan yang dilakukan pemerintah desa berkaitan dengan Dandes merupakan keputusan bersama dalam Musyawarah Desa dan selanjutnya ditetapkan dalam APBDes 2019.

“Untuk pekerjaan perintisan jalan perkebunan Wasian Marisa dengan anggaran Rp. 259.457.000 serta volume panjang 1500 Meter, Lebar 4 Meter, dengan tinggi cuttingan 5-8 Meter, dimana hampir menyeluruh cuttingan yang dilakukan adalah bebatuan yang sangat keras. Pengerjaannya sesuai dengan mekanisme sebagaimana RAB yang ada.

Pekerjaan ini sudah melalui periksaan Dinas PMD dan Inspektorat. Jika memang pelaksanaan pekerjaan jalan ini tak sesuai sebagaimana yang diisukan, tentunya ada rekomendasi yang diberikan terlebih dari Inspektorat kepada pemerintah desa berupa tuntutan ganti rugi (TGR) inikan tidak, dengan kata lain semua pekerjaan fisik yang dilaksanakan telah sesuai dengan ketentuan dan mekanisme.
Sebagai Hukum Tua menghimbau kepada masyarakat jika memang dalam setiap program yang dilakukan pemerintah apakah pemberdayaan maupun fisik. Menurut masyarakat tak sesuai silakan menyampaikan kepada kami, karena masyarakat memiliki hak melakukan pengawasan. Hal ini demi mewujudkan desa yang kita cintai ini untuk lebih maju, “Ucap Rumengan (fei’la)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan