Libatkan 512 PPDP. KPU Minsel Mulai Lakukan Coklit Data Pemilih

FB_IMG_1594781541708

Minsel, Wartasulut. Com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melakukan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020 dengan melibatkan sebanyak 512 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Rencananya, proses coklit dilakukan dari rumah ke rumah mulai 15 Juli ini hingga 13 Agustus 2020,” kata Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga, Rabu (15/7) usai melantik ke 512 PPDP melalui Vicon

FB_IMG_1594781895037

Ia mengatakan seluruh PPDP akan melakukan coklit data awal yang diberikan Petugas Pemungutan Suara (PPS) saat bimbingan teknis (bimtek) beberapa waktu lalu. Coklit disesuaikan dengan setiap wilayah PPDP.

“Selama kurang lebih satu bulan ke depan mereka akan melakukan coklit data warga yang ada di wilayah masing-masing PPDP,” katanya.

Sambuaga menjelaskan apabila terdapat data pemilih di wilayahnya yang belum terdaftar, para petugas ini wajib menambahkannya ke daftar pemilih. Begitu juga sebaliknya, PPDP dapat mencoret data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat lagi sebagai pemilih.

“Kami harapkan PPDP dapat menghasilkan daftar pemilih tetap (DPT) yang valid dan akurat,” katanya.

“Sambuaga berharap proses demokrasi pilkada tidak menurun kualitasnya, walaupun dilaksanakan saat pandemi COVID-19.

Semua pihak memiliki peran masing-masing dalam memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya kelak, selain itu juga untuk memantau semua aktivitas tahapan hingga selesai.

Semua pihak tanpa terkecuali berkomitmen bersama untuk kesuksesan pilkada. Semua pihak diharapkan dapat berperan sesuai dengan kapasitas masing-masing untuk kesuksesan Pilkada diMinsel.

Sebagai penyelenggara, lanjut Sambuaga, KPU Minsel akan berupaya semaksimal mungkin, mengerahkan semua kemampuannya, dengan mempedomani peraturan serta regulasi yang ada sehingga Pilkada Minsel akan berjalan baik, aman, damai, sejuk, dan sukses.

“Tentu tanpa melupakan ikhtiar maksimal mohon doa kepada yang Maha Kuasa agar pandemi segera berakhir,” Ucap Sambuaga (fei’la)

bawaslu-1 bawaslu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan