Perayaan HUT Kabupaten Talaud Penuh Ritual Adat

IMG-20200702-WA0014
Wartasulut.com Talaud – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Talaud ke-18 yang di gelar dengan ritual adat serta doa bersama di Aula Rumah Dinas Bupati, Kamis (2/7).

Bupati Talaud, dr Elly Engelbert Lasut (E2L) mengajak semua elemen masyarakat Talaud untuk mensyukuri penyertaan Tuhan sehingga kabupaten yang berbatasan langsung dengan Filipina itu boleh membilang usai 18 tahun.

“Kita mohon doa dan bimbingan Tuhan agar bisa melaksanakan semua program pembangunan. Tuntutan dan penyertaan Tuhan akan menyertai kita semua, termasuk dalam menjalankan pemerintahan dengan baik dan menghadirkan kesejahteraan untuk masyarakat. Kita percaya Tuhan akan terus bersama dan memberkati Tanah Porodisa tercinta,” ucap bupati.

Di kesempatan itu juga, bupati E2L dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga (MAP) mengajak masyarakar untuk terus memupuk dan melestarikan ritual adat dan budaya Talaud. “Kita pelihara adat budaya dengan tidak meninggalkan nilai nilai agama kita masing masing,” ujar E2L yang dibenarkan MAP.

Perayaan HUTke-18 Talaud dalam prosesi adat tersebut juga mendapatkan perhatian khusus dari Ketua Dewan Adat Kabupaten Talaud, Arfan Bawangun dimana menurutnya, perlunya perayaan itu dilaksanakan dalam bingkai kepercayaan atau doa kepada Tuhan, sang pemelihara kehidupan.

“Ritual doa seperti ini perlu dilaksanakan setiap tahun. Karena selain sudah menjadi tradisi kita, acara ritual doa sangatlah penting untuk meminta dan bermohon kepada Tuhan agar setiap program kemasyarakatan dan pembangunan bisa terealisasi,” ujar Bawangun.

Senada dengan Bupati, Bawangun ingin adat dan budaya tidak ditinggalkan, tapi dikembangkan dan dilestarikan. “Mari wujudkan persatuan, mari bergandengan tangan membangun Taluad yang sama-sama kita cintai,” ujarnya (mailen)

BAWASLU-SEPT-1 bawaslu-1 bawaslu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan