Pengesahan Kepengurusan Barmas, Sevry Nelwan : Barmas Tidak Berafiliasi Dengan Kekuatan Politik Manapun

IMG-20200810-WA0032

Minut, Wartasulut. Com — Eksistensi masyarakat adat merupakan suatu kenyataan sejarah yang tidak dapat dihindari oleh pemerintah daerah. Oleh karenanya pemerintah daerah diberi kewenangan serta regulasi untuk menentukan keberadaan suatu masyarakat adat, sekaligus memperkuat kedudukan masyarakat adat itu sendiri.

Hal ini untuk menghindari konflik yang nantinya timbul karena adanya penuntutan hak masyarakat adat yang dirampas secara paksa. Sejalan dengan hal tersebut pada Sabtu (08/08/2020), Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Barisan Masyarakat Adat Sulut (BARMAS) mengesahkan kepengurusan Barmas Minahasa Utara yang dilaksanakan di Kelurahan Rap-Rap Minut.

Dijelaskan oleh Ketua Harian DPP Barmas Sevry Nelwan, pada dasarnya keberadaan Ormas Adat Barmas ingin membantu Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota untuk memperkuat culture/budaya yang akan kita angkat sebagai kearifan lokal yang harus mendapat perlindungan hukum positif dalam bentuk Perda Adat.

“Saat ini Barmas hadir sebagai mitra Pemerintah di tiga etnis besar di Sulut, yakni etnis Bolaang Mongondow, Sangihe, dan Minahasa. Tentunya untuk memperkuat culture/budaya, kearifan lokal dari ketiga etnis ini harus ada perlindungan hukum positif dalam bentuk perda adat yang jelas,” Ungkapnya.

Tambahnya lagi, bahwa yang paling utama, Barmas tidak berafiliasi Dengan kekuatan politik manapun, terutama menjelang perhelatan Pilkada 2020.

“Karena Ormas Adat Barmas, sifatnya ada di mana-mana tapi tidak kemana-mana demi terciptanya masyarakat Adat yg mandiri, profesional dan berdaya juang tinggi,” tutupnya.

Perlu diketahui bahwa agenda pengesahan kepengurusan Barmas Minahasa Utara tahun ini, sejumlah pengurus turut pula dilantik, diantaranya Budi Rasyad sebagai Anggota Dewan Pakar DPP Barmas, Lala Wenas sebagai Wakil Sekretaris Jenderal, Audy Kalumata sebagai Ketua Departemen Pendidikan dan Kajian Strategis, dan Billy Barantian, ST sebagai Wakil Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga. (AUM)

BAWASLU-SEPT-1 bawaslu-1 bawaslu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan