oleh

Dinas Pariwisata Mitra lakukan Pelatihan bagi para pemandu wisata selam

IMG-20201006-WA0003

Ratahan, WartaSulut.com — Untuk menarik wisatawan baik mancanegara maupun para wisata lokal untuk hadir di kabupaten minahasa Tenggara (Mitra), perlu adanya dukungan pemandu wisata yang mempunyai skil yang baik agar para wisatwan betah berada di kabupaten Mitra.
Untuk menunjang dunia wisata di kabupaten Mitra, dinas pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Mitra melakukan terobosan untuk menarik para wisata dengan melatih para pemandu wisata seperti Home Stay dan pemandu wisata selam.
Pelatihan pemandu selam yang dilaksanakan sejak kemarin, senin-Jumat (5-10) Oktober Mendatang dibuka secara resmi oleh Sekda Mitra David Lalandos AP. AM yang dipusatkan di BPU Desa Pangu Kecamatan Ratahan Timur
Lalandos Saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa dunia saat ini digemparkan dengan mewabahnya virus covid 19 hingga saat ini belum ada tanda tanga akan berahirnya wabah covid 19 ini akan berahir.
Untuk itu Lalandos berharap agar wabah ini cepat berlalu dengan cara kita terapkan protokol kesehatan sehingga wabag ini akan cepat berlalu.
Pelatihan bagi para pelaku wisata, terlebih khusus lagi para pemandu wisata selam yang saat ini dilaksanakan, pemerintah Kabupaten Mitra sementara giat-giatnya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Mitra seperti pulau Punten, Pantai Lakban Ratatotok, perlu adanya pelatihan khusus terutama bagi pemandu wisata selam, begitupun dengan wisata di gunung soputan yang butuh pemandu wisata.

” Tahun ini telah di anggaran 2020 oleh pemerintah pusat lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) telah mengalokasikan anggaran di Mitra terlebih khusus di dinas Pariwisata dan Kebudayaan termasuk untuk pelatihan pemandu wisata selam,” ujar Lalandos.
Diapun mengingatkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan saat ini bukan sekedar melatih serta tahu menyelam, namun yang paling utama yaitu para peserta pemandu wisata selam diberikan pengetahuan tentang kepariwisataan terutama spot-spot wisata selam di Kabupaten Mitra.
” Para Pemandu Wisata selam harus tahu dimana lokasi menyelam yang baik yang ada di kabupatenh Mitra. Saat ini waktunya para peserta mengetahui dimana titik-titik yang baik dijadikan spot diving, bahkan potensi dijadikan spot diving yang belum pernah di galih, Tambah Lalandos
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Mitra Sartje Taogan mengatakan,bahwa kegiatan pelatihan Pemandu wisata selam dilaksanakan selama lima hari.
Kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Selam mempunyai tujuan agar kedepan para wisatawan akan masuk ke Kabupaten Mitra khususnya berwisata laut dan tentunya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mitra sudah siap dengan menyiapkan pemandu wisata selam, ujar Taogan.
Ditambahkan Mantan kepala BKPSDM Mitra bahwa pelaksanaan pelatihan ini menggunakan protokol kesehatan dimana para peserta pelatihan sebelum memasuki ruang pelaksaan pelatihan dilakukan pemeriksaan rapid test,”tegasnya.

Sementara itu Panitia Pelaksana Pelatihan pemandu wisata selam Nop Tumiwan,S.Pd mengatakan bahwa dilaksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dibidang pariwisata lebih khususnya pemandu-pemandu wisata yang profesional dan menguasai pariwisata di Mitra. (Fredi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed