oleh

Kukuhkan KT JS Desa Wioi Ini Pesan Kadis Pertanian Dan Peternakan Mitra

IMG-20201015-WA0047
Ratahan Timur, WartaSulut.com — Bertempat di Kantor desa Wioi Kecamatan Ratahan Timur (Ratim) hari ini, Kamis ((15/10) Kelompok Tani Jelas Sejahtera (KT JS) dikukuhkan oleh kepala Dinas pertanian dan Peternakan Kabupaten Minahasa Tenggara Dra Yohana Untu MM.
Untu mengatakan bahwa dengan dikukuhannya KT JS yang ada di desa Wioi Kecamatan Ratahan Timur maka hingga saat ini jumlah kelompok Tani yang ada di di Kabupaten Mitra sudah berjumlah 1.386 kelompok. Itupun jika di jumlahkan dengan jumlah petani yang ada di kabupaten Mitra masih terlalu minim.
“ Saat ini Kelompok Tani yang ada di kabupaten Mitra berjumlah 1.386, dan jumlah petani yang terdaftar di kelompok baru sekitaran 13 ribu , sedangkan jumlah petani yang ada di Kabupaten Mitra berkisar 75 ribu,” ujar Untu.
Untuk itu kami terus turun lapangan untuk mengecek langsung ke pemerintak kecamatan maupun pemerintah Desa para petani yang belum terdaftar dan belum memiliki kelompok untuk segera dikukuhkan karena mengingat batas waktu hingga bulan depan.
Diakui Untu bahwa sejak dirinya menjabat Kadis Pertanian dan Peternakan, sudah beberapa kali menyurat kepada Pemeintah Kecamatan Maupun pemerintah desa agar menyampaikan kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam kelompok tani agar segera membentuk kelompok tani. Hal ini dimaksudkan agar semua petani tercaver lewat kelompok tani dan akan memiiki kartu anggota Kelompok tani.
“ Kalau Sudah memiliki kartu anggota kelompok tani akan mempermudah mendapatkan bantuan ujar,” Untu. Mantan Camat Ratahan Timur inipun berharap kepada KT JS agar menjadi contoh kelompok tani yang maju dan mempunyai wawasan kedepan. Jadilah petani yang bekerja sebelum matahari terbit dan pulang setelah bulan keluar, tambah Untu.
Kepada kelompok Tani Jelas Sejahtera (KT JS) saya berpesan agar menjadi petani yang sukses harus dibarengi dengan kerja keras dan mempunyai wawasan kedepan.
Sementara itu Kabid Penyuluhan Olvi Lumopa mengatakan bahwa saat ini dinas Pertanian dan Peternakan masih melakukan verifikasi data kelompok tani yang ada di Kabupaten Mitra. Dari verifikasi yang dilakukan masih ada kelompok tani yang lengkapan berkasnya masih kurang  seperti Kartu Keluarga dan KTP petani dan ibu kandung belum ada.

“ Kami Berharap pengurus Kelompok Tani agar segera memasukan kelengkapan berkas tersebut, karena batas waktu sampai 28 November mendatang. Kalau tidak memasukan data tersebut maka petani tersebut tidak akan menerima kartu anggota Tani,” ujar.
Hukum tua desa Wioi Noli Powa beharap kepada KT JS Desa Wioi yang baru di kukuhkan agar segara melaksanakan tugas dengan baik serta menjadi petuah bagi anggota KT JS.
“ Jadilah Petani yang sukses, Maju dan mempunyai wawasan kedepan, ujarnya.
Sementara itu ketua Crisye Kowombon bersyukur karena hari ini boleh dikukuhkan KT JS desa Wioi, apalagi dihadiri dan dikukuhkan oleh kadis Pertanian. “ Terimah kasih Bu kadis telah hadir dan mengukuhkan KT- JS,” ujar Ismet. (Fredi)

Pengurus Kelompok Tani Jelas Sejahtera
Ketua Crisye Kowombon
Sekretaris Febi Goniwala
Bendahara Jeine Kolinug

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed