oleh

Pemkab Mitra Turunkan Tim Investigasi Terhadap UD CMM, Sumendap: Kalau Terbukti Merugikan Negara Perusahan Tersebut Saya Pidanakan.

IMG-20210311-WA0001

Ratahan, WartaSulut.Com — Diduga tidak memiliki ijin Usaha puluhan tahun, UD Cahaya Mutiara Manado (CMM) yang bergerak di pembudidayaan kerang Mutiara membuat Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH marah. Hal ini dibuktikan dengan perusahan terebut tidak mendapat menunjukab bukti ijin usaha kepada pemerintah.
Sumendap kepada sejumlah wartawan di sela sela kegiatan Musrembang RPJMD, rabu kemarin mengatakan bahwa sejak pengoperasian usaha UD CMM tersebut tidak pernah melaporkan usaha yang di kelola sejak lama
“ Saya sudah delapan tahun bupati di Mitra, perusahaan tersebut tidak pernah melapor ijin usahanya. Bahkan sampai saat ini Pengelolaan pembudidayaan kerang mutiara oleh perusahaan tersebut sudah sekitar 20 tahun mengolah kerang mutiara di daerah ini, ujar Sumendap.

Ditambahkannya juga bahwa Perusahan tersebut diduga tidak jelas pengoperasiannya dan sudah menggunakan 70 hektar lahan.
Saat ini instansi terkait sedang turun lapangan melakukan investigasi terkait pajaknya.
” Jika didapati dan instansi terkait US CMM tidak memiliki Ijin dan tidak memvayar pajak maka saya akan mempidanakan perusahaan tersebut,” ujar Sumendap dengan nada emosi.
Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Mitra Vecki Monigir dalam konfrensi menyatakan bahwa lokasinya berada di Perairan depan desa Basaan kecamatan Ratatotok dan hingga saat ini usaha tersebut tidak ada ijin usaha perikanan.
Diakui Monigir, ijin ini diproses di Provensi, namun Kewenangan beroperasi di wilayah Mitra, harus mengantongi rekomendasi dari daerah ini melalui DPK Mitra.
” Beberapa waktu lalu petugas melakukan investigasi menyangkut ijin usaha, pihak UD CMM tidak dapat menunjukan ijinnya sehingga kami beranggapan perusahaan tersebut tidak nemuliki ijin,” ujar Monigir. (Fredy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed