oleh

Tingkatan Kapasitas Lembaga Desa, Pemdes Molinow Laksanakan Pelatihan BPD

-Home-131 views

Minsel, Wartasulut. Com — Untuk memaksimalkan peran dan fungsi BPD,  Pemerintah Desa Molinow Kecamatan Tenga menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan untuk seluruh anggota BPD.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Hukum Tua Moddi Selang dalam sambutannya beliau mengatakan, ada sejumlah materi yang diberikan dalam pelatihan hari Jumat (13/07/21) ini diTerserah Cafe Molinow. Antara lain, materi tentang kebijakan pemerintah terkait pemerintahan desa serta tugas pokok dan fungsi (tupoksi) BPD dalam pemerintah desa.

Pada kesempatan ini adapun yang hadir sebagai narasumber yakni Kadis PMD Minsel Hendri Lumapow, SH, MS,i, dalam paparannya mengatakan BPD  adalah legislatifnya pemerintah desa. Untuk itu peran dan fungsinya menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa. Dengan demikian, pemerintahan di desa bisa berjalan dengan baik. ‘’Saling bersinergi dalam membangun desanya,’’ tandasnya..

William Sinubu ketua BPD Molinow maupun para anggota berterima kasih kepada Hukum Tua Moddi Selang yang boleh melaksanakan pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan ini kami dapat mengetahui secara jelas tentang peran dan fungsi BPD sebagaimana yang dijelaskan oleh pak kadis dalam materi. Harapan kami kedepankan pelatihan semacam ini dapat dilaksanakan lagi oleh pemerintah desa Molinow agar pengetahuan BPD makin meningkat dalam mewujudkan Desa Molinow maju dan sejahtera. “Ucap Sinubu (Feidy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed