oleh

Lomba Desa Tingkat Kabupaten Minsel Desa Karowa Jadi Utusan Kecamatan Tompasobaru

Minsel, Wartasulut. Com — Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah salah satu upaya untuk mendorong usaha Pembangunan Masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahan selama satu tahun.

Secara Umum Tujuan dari Perlombaan Desa dan Kelurahan : 

1. Untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan Masyarakat Desa dan Kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan sendiri.

2. untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Masyarakat di desa dan Kelurahan selama kurun    waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kualitas hidup ekonomi, Politik, Sosial dan budaya serta keamanan dan   ketertiban

3. untuk menetapkan desa dan kelurahan yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan Masyarakat.

Pada Rabu 18 Mei 2022 ini penilaian evaluasi tingkat perkembangan desa tingkat kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan penilaian diDesa Karowa Kecamatan Tompasobaru.

Camat Tompasobaru Drs  Jemmy Loa. SPT menyampaikan bahwa Desa Karowa adalah desa yang mendapat kepercayaan mengikuti lomba desa tingkat kabupaten mewakili Kecamatan Tompasobaru. “Lomba desa ini adalah salah satu ajang pemerintahan desa supaya tercipta suasana desa bersih dan indah.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh kepala desa maupun perangkat desa  agar selalu menjaga kebersihan di setiap desanya. jangan hanya ketika ada lomba desa baru dibersihkan. Kebersihan itu adalah sebagian dari iman.” Ujar Loa.

Sementara itu Hukum Tua Pingkan Tewu menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Kecamatan Tompasobaru yang telah mendampingi dalam persiapan acara ini. “Terimakasih banyak kepada Pemerintah Kecamatan yang telah mendampingi kami untuk pesiapan ini.” Ungkapnya.


“Juga tidak lupa kepada para perangkat desa, tokoh masyarakat serta agama, juga seluruh masyarakat yang dalam persiapan. Semoga kebersihan lingkungan yang ada sekarang ini dapat kita jaga dan pelihara untuk keindahan desa yang kita cintai ini. ” Ucap Kumtua. 


Dalam pemaparan dari hasil Tinjau Lapang, tim juri diantaranya Frelly Turangan (Kadis PPA), Pretty Tandaju (Kabag Kesrah), Edwin Tampi (Dinas PMD), Sthelma Tumbel (Dinas Sosial) menyampaikan maksud dari lomba desa ini,” Penilaian ini bukan hanya sebatas seberapa besar nilainya tetapi lebih bertujuan untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan desa dan kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing desa dan kelurahan dalam dua tahun terakhir. Dengan adanya penilaian lomba tersebut sedini mungkin dapat diketahui kekurangan yang dimiliki kelurahan baik kekurangan dibidang kemasyarakatan, pemerintahan maupun kewilayahan, sehingga terhadap kekurangan tersebut kelurahan akan mampu memperbaiki diri dan mengisi kekurangan tersebut dengan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya. (Feidy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed