oleh

Distanak Kembangkan 17,5 Ton Benih Bawang Putih

-Minahasa-324 views
Ilustrasi Bawang Putih
Ilustrasi Bawang Putih

 

 

Wartasulut.Com, Tondano – Tahun ini, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Minahasa kembangkan 17,5 ton benih bawang putih. Penanamannya dilakukan 21 kelompok tani (poktan) yang tersebar di 3 kecamatan, yakni Tompaso, Tompaso Barat dan Langowan Barat.

Informasi yang diterima, benih bawah putih ini ditanam di lahan seluas 35 hektar dan tersebar di 12 desa yang berpotensi bisa tumbuh subur untuk komoditi bawang putih. Kepala Bidang (Kabid) Produksi Holtikultura Dinas Pertanian Pemkab Minahasa Elke Rambing mengatakan, setiap poktan mempunyai lahan yang luasnya berbeda. “Lahan tergantung usulan dan total bantuan 17,5 ton, tapi per 1 hektar lahan ditanam sebanyak 1/2 ton benih bawang putih,” ujarnya di kantor Distanak Kabupaten Minahasa, baru-baru ini.

Ditutur Elke, untuk Minahasa, bantuan benih bawang putih baru tahun 2018 dikembangkan, namun pengembangan benih bawang merah sudah seringkali diterima poktan.

Ia pun  merinci bantuan untuk Kecamatan Tompaso berada di lokasi 3 desa 6 hektar, Kecamatan Tompaso Barat 3 desa 18 hektar dan Kecamatan Langowan Barat 6 desa 11 hektar. “Panen bawang putih membutuhkan waktu 4 bulan lamanya, sedang bawang merah hanya 2 bulan sudah bisa panen. Itu pun lokasi lahan sedikit berada diketinggian,” urainya.

Sementara, berdasar pantauannya di lapangan, pertumbuhan benih bawang putih sudah cukup bagus, di antaranya di Desa Tember Kecamatan Tompaso, Desa Tonsewer Kecamatan Tompaso Barat.

Olehnya, Elke optimis pengembangan hasilnya pasti maximal untuk melanjutkan program di tahun 2019. Diketahui, bantuan pengadaan benih bawang putih 2018 sumber dana APBN dikerjakan oleh CV Mappoleang dengan nilai kontrak Rp.1.198.750.000.(ferry lesar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed