oleh

FDW ‘Berburu’ WTP, Raih 7 Kali Sejak Jadi Wabup & Bupati, 2 Kali Bersama PYR.

wartasulut.comPEMBERIAN opini seperti Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Kabupaten Minahasa Selatan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Senin (15/05/2023), oleh Anggota VI BPK RI Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CSFA., CFrA., mewakili kepala BPK Provinsi Sulut Manado Arief Fadillah S.E, M.M, CSFA,   merupakan bentuk apresiasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas hasil pemeriksaan laporan keuangan yang disusun oleh Pemkab Minsel sebagai media akuntabilitas keuangan yang disajikan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

“Penyusunan laporan keuangan ini, jujur memerlukan perjuangan ekstra. Karena kelemahan dalam sistem pengendalian intern dan keterbatasan sumber daya manusia yang paham akuntansi pemerintahan menjadi penyebabnya. Apalagi, menjawab kepentingan legislatif dan eksekutif dalam penggunaan anggaran yang  cenderung membentuk akuntasi pemerintahan semakin ruet, membuat penyusunan laporan memang sangat melelahkan.” Inilah kutipan hasil percakapan beberapa Sekda, Kepala Inspektrat dan kepala Badan Keuangan Kabupaten/Kota disela acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2022 bagi Perprov dan Kab/Kota se-Sulut.

Bagi mereka, Opini WTP yang diperoleh bukan hasil instan, tetapi melalui proses terstruktur dengan mengedepankan pembenahan fungsi dan sistem pengendalian intern. Disisi lain, para auditor tidak hanya wajib memiliki kompetensi yang handal, tetapi juga harus beretika tinggi, dan bermahkotakan kejujuran. “Itulah salah satu indikatornya,” ujar mereka  sambil memberi apresiasi untuk Minsel yang selalu berburu opini WTP. Setelah, tahun ini bisa meraih WTP dan tercatat 7 kali berturut-turut semasa Franky Donny Wongkar, SH menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Minsel periode 2016-2021 (5 Kali mendapat opini WTP) dan menjadi Bupati berpasangan dengan PYR semenjak 2021 hingga saat ini (2 Kali mendapat opini WTP) .

Namun, bagi Bupati Minsel FDW, opini WTP harus jadi target yang harus diburu. Ayo kita berburu WTP agar opini WTP ini menjadi motivasi bagi seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih giat lagi serta melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah. “Ingat, pencapaian predikat WTP ini, harus dipertahankan serta ditingkatkan dengan pengelolaan keuangan yang harus lebih baik ke depan,” tegas lelaki yang memiliki komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel demi Minsel Maju, Berkepribadian dan Sejahtera. (vino putra samuel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed