oleh

Hary Tanoesoedibjo

-Home-331 views

 WARTASULUT.COM Pemerintah diminta meningkatkan ekosistem penunjang investasi, di antaranya pembangunan infrastruktur . Pasalnya, masuknya investasi sekarang ini sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri.
Hary Tanoesoedibjo mengatakan, pada era 1980 sampai 19990-an, ekonomi Indonesia cukup kuat terutama di basis industri. Kala itu, pemerintah cukup pandai mendiversifikasikan ekonomi.
Adanya aturan Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri menjadi pendukung untuk menumbuhkan sektor investasi di Indonesia. Banyak pabrik dibangun di kawasan Pulau Jawa. Hal inilah yang menjadi kekuatan ekonomi Indonesia kala itu.
“Seiring waktu, tidak adanya perbaikan dan peningkatan infrastruktur, membuat Indonesia tidak bisa konsisten menciptakan investasi di sektor industri. Akibatnya, hal tersebut menjadikan produktivitas sektor industri Indonesia tidak bisa efisien. Indonesia pada akhirnya kalah kompetitif dengan negara lain,” kata HT.
Padahal, lanjut dia, kala itu negara lain masih mencontoh Indonesia. Seperti China dan Korea, misalnya. Di tengah Indonesia investasi sektor industrinya berkembang pesat, mereka masih mencoba untuk terus membangun basis industri dengan dukungan infrastruktur memadai. Kemudian disusul oleh Vietnam yang juga berupaya demikian. Hal tersebut berdampak pada Indonesia.
“Pada akhirnya, Indonesia mulai tidak kompetitif. Akibatnya, banyak investasi di Indonesia terutama sektor industri pindah ke negara lain di kawasan Asia. Contohnya industri tekstil, garmen, dan lainnya,” ujarnya.
Karena itu, untuk meningkatkan investasi dan membangun kawasan industri agar bisa lebih efisien dan kompetitif, tentunya infrastruktur harus diperbaiki. Itu mulai dari fasilitas jalan, listrik dan lainnya. Selain itu perlu pembangunan Sumber Daya Manusia. Dengan begitu, diharap investasi bisa masuk ke Indonesia. Tak hanya itu, Indonesia juga bisa bersaing lantaran didukung oleh kondisi SDM yang memadai.
“Sebab, tidak mudah menggalang investasi untuk masuk ke Indonesia. Kecuali ada kiat-kiat yang bisa membuat mereka tertarik untuk menanamkan modalnya di sini. Infrastruktur merupakan salah satu sektor yang perlu diperhatikan pemerintah,” kata dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed