oleh

Gudep Pramuka SMK Negeri 1 Tomohon Dikukuhkan

-Tomohon-19 views

Wartasulut.com, Tomohon – Pembentukan karakter generasi muda (genmud) saat ini sangatlah penting, satu di antaranya melalui yakni kegiatan kepramukaan. Demikian dikatakan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tomohon melalui Sekretarisnya, Fargo J Tular, Jumat (23/11/2018), di sela-sela acara ‘Pengukuhan Gugusdepan 04.215-04.216 serta Pelantikan Majelis Pembimbing dan Pengurus Gudep Pangkalan SMK Negeri 1 Tomohon.

“Pramuka merupakan salah satu pendidikan non formal yang mampu bertahan dalam segala zaman yang menjadi benteng dalam mendidik dan membina generasi muda dengan jiwa tangguh, terampil, cerdas, dan disiplin. Dalam kegiatan pramuka bukan hanya materi atau isi pelajaran yang perlu diperhatikan melainkan bagaimana kita dapat melahirkan dan menumbuhkan sikap-sikap serta perbuatan-perbuatan yang baik yang akan membentuk karakter dan kekuatan jasmani dari diri tersebut,” kata Bung, sapaan sapaan akrab Fargo Tular.

 

PENGUKUHAN: Acara pramuka di SMK Negeri 1 Tomohon, Jumat (23/11/2018).
PENGUKUHAN: Acara pramuka di SMK Negeri 1 Tomohon, Jumat (23/11/2018).

 

Dijelaskannya, kepramukaan memiliki berbagai macam aspek pembelajaran mulai dari segi spiritual, emosional, sosial, jasmani, dan rohani yang bertujuan untuk pembentukan karakter seorang anggota pramuka yang pada akhirnya pembentukan karakter bagi anak bangsa. “Pendidikan karakter saat ini menjadi materi yang memang harus diterapkan di setiap instansi sekolah karena memang pendidikan karakter harus diberikan sejak usia dini. Mengapa demikian? Karena saat ini banyak kita temui isu yang mengarah pada perpecahan bangsa. Nah, gerakan pramuka saat ini sangat penting dalam pembinaan generasi muda untuk menangkal isu yang mengarah pada perpecahan bangsa seperti faham  radikalisme, hoax, kenakalan remaja dan isu SARA,” papar suami tercinta dari Deasy Pangemanan ini.

 

PESERTA: Seluruh guru/pegawai dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Tomohon ikut kegiatan ini.
PESERTA: Seluruh guru/pegawai dan siswa kelas X SMK Negeri 1 Tomohon ikut kegiatan ini.

 

Adapun pelantikan pengurus majelis pembimbing dan pengurus gudep yang ada di pangkalan SMK Negeri 1 Tomohon dilakoni Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Tomohon Barat, Jaclin TL Tirukan SPd. Untuk Majelis Pembimbing diketuai Jutje A Worung SPd yang juga Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tomohon.

Hadir dalam kegiatan, seluruh guru/pegawai dan siswa kelas X yang menjadi peserta perkemahan pramuka penegak yang dilaksanakan dari tanggal 23-25 November 2018 di halaman sekolah SMK Negeri 1 Tomohon.(jorywenur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed