oleh

PYR Wakili FDW Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Yang Dipimpin Mendagri

WARTASULUT AMURANG– Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang, MTh, senin (08/05/2023) mewakili Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi 2023 bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. DR. Tito Karnavian secara virtual di Ruang Rapat Kantor Bupati Minahasa Selatan-Amurang. Kegiatan ini, menjadi rakor evaluasi terhadap capaian-capaian yang terjadi di bulan April 2023 kemarin. Buktinya, Mendagri dalam arahannya mengatakan, pada rapat minggu lalu sudah dilakukan evaluasi capaian inflasi pada bulan April 2023, hasilnya sangat baik dan relatif terkendali di angka 4,33 persen (y-o-y).

“Angka itu turun dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama. Meskipun Month-To-Month ­ada sedikit kenaikan 0,33 persen, dikarenakan adanya liburan Hari Raya dan bulan Ramadan,” ucapnya sambari menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo mengapresiasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang sangat konsisten melakukan pengendalian inflasi di daerahnya masing-masing. “Tapi kita jangan berpuas diri, kita harus turunkan lagi sampai 3 persen,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik Pudji Imartini menerangkan komoditas penyumbang utama penurunan Indeks Perkembangan Harga (IPH) di sejumlah kabupaten/kota sampai dengan Minggu Pertama Mei 2023 adalah cabai merah, cabai rawit, telur ayam ras, dan beras. “Sedangkan komoditas penyumbang utama kenaikan IPH di sejumlah kabupaten/kota sampai dengan Minggu Pertama Mei 2023 adalah bawang merah, daging ayam ras, bawang putih, dan beras,” jelasnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Minsel  yaitu, Sekretaris Daerah, Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bapelitbangda, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Bagian Perekonomian Setda, Kepala Bagian Prokopim Setda, perutusan Inspektorat, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Dinas Perhubungan dan Bagian Pembangunan Setda. (Vino)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed