oleh

Wongkar: HARKITNAS Jadi Tanda, Bahwa Bara Indonesia sebagai Negara Sudah Menyala

PERINGATAN Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2023 yang sesuai dengan pedoman dari Pemerintah Pusat tentang Penyampaian Pembaruan Pedoman Penyelenggaran Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2023 Nomor 261/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2023 tertanggal 19 Mei 2023, untuk diselenggarakan secara serentak pada Senin (22/05/2023), membuat Pemkab Minsel menggelar upacara Harkitnas ke-115 dilapangan Kantor Bupati Minsel. Tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup) yaitu Bupati Minsel Franky Donny Wongkar dan Komandan Upacara Kabid Aptika Dinas Kominfo Minsel Frans Kumeubun, STP, MSi. FDW sapaan akrab Bupati Minsel dalam sambutannya mengatakan, peringatan HARKITNAS ke-155 tahun 2023 ini, menjadi bahan refleksi bagi seluruh anak bangsa. Karna, di Hari Kebangkitan Nasional ini, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. “HARKITNAS ke-115 jadi tanda bahwa bara Indonesia sebagai Negara mulai menyala,” tegas FDW saat membaca sambutan tertulis Plt. Menteri Kominfo RI Pof. DR Mafud MD.

Bagi suami tercinta anggota DPRD Minsel Elsye Rosye Sumual ini, peringatan HARKITNAS ini untuk merefleksi bagaimana bersatunya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh melalui organisasi yang didirikan oleh Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 silam. “Inilah awal gerakan perjuangan Indonesia untuk bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai Negara yang satu, berdaulat, adil, dan makmur. Dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Arisen (STOVIA), mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu dalam satu semangat : Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa serta Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” urai ayahanda tercinta bakal calon DPRD Provinsi Sulut dari PDI-P Eldo Wongkar.

Nah, dari organisasi Boedi Oetomo inilah, kemudian  menjadi suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit. Baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. Itulah sejarahnya. Oleh karena itu, di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak  mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045, ucap Wongkar mengutip sambutan tertulis Plt Menteri Kominfo RI. Hadir dalam upacara tersebut, Wabup Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, MTh, Unsur Forkopimda, Para Pejabat Eselon II, Eselon III serta seluruh ASN, THL yang ada di jajaran pemerintah kabupaten Minahasa Selatan. (VINO PUTRA SAMUEL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed