Cegah Stunting, Pemdes Silian Tiga Salurkan Makanan Tambahan

Mitra, REDAKSI, Terkini478 views

Mitra (watrasulut.co.id) – Bersumber dari Dana Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Silian Tiga, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), terus melayani masyarakat dengan menyalurkan bantuan dari program-program yang ada dan sesuai APBDes yang ditetapkan Tahun 2024 ini.

Salah satunya, Pemdes Silian Tiga memberikan bantuan nutrisi tambahan berupa pembagian susu untuk anak dalam hal ini bayi/balita, ibu hamil (Bumil), ibu menyusui dan remaja, bahkan para lansia

Penyaluran bantuan ini berlangsung di kantor Desa Silian Tiga, Rabu (26/6/2024) dan dihadiri oleh Bupati Mitra Ronald Sorongan yang langsung secara simbolis menyerahkan berbagai bantuan kepada masyarakat.

Bupati Sorongan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi atas perhatian dari Pemdes Silian Tiga terhadap masyarakatnya yang membutuhkan bantuan dari Pemerintah.

“Hal ini perlu dipertahankan, bahkan ditingkatkan dengan terus memperhatikan setiap masyarakat yang benar-benar layak untuk dibantu,” ujar Sorongan.

Lanjut dikatakannya, program ini menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk mencegah terjadinya stunting atau kekurangan gizi, khususnya kepada Balita dan Remaja.

“Salah satu penyebab terjadinya stunting adalah pernikahan dini. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh orang tua yang memiliki anak remaja bahkan masyarakat untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada anak-anak kita bahwa ada dampak negatif yang akan mengancam kita ketika angka pernikahan dini tidak ditekan dan dicegah dari sekarang,” jelasnya.

Ditambahkan Sorongan, semoga dengan adanya program seperti ini, angka stunting di Mitra bisa semakin berkurang, sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan hidup sehat tanpa ancaman gizi buruk.

Dikesempatan yang sama, Hukum Tua Desa Silian Tiga Junita Rindorindo mengungkapkan, untuk bantuan yang diberikan saat ini bukan hanya makanan tambahan saja, melainkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp.900.000 kepada 15 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Silian Tiga.

“Ya saat ini kami akan menyalurkan susu formula kepada 107 Balita, Susu lansia untuk 64 orang, susu dan snek untuk anak remaja sekitar 20 orang bahkan BLT kepada 15 KPM,”ungkapnya.

Ditambahkannya, seperti yang dikatakan Bupati Sorongan dirinya berharap agar supaya masyarakat mendukung Pemerintah dalam hal memberikan edukasi kepada anak-anak remaja terkait dampak negatif yang akan kita hadapi ketika terjadi pernikahan dini.

“Untuk itu, saya berharap semua program Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara  direspon dan mendapatkan dukungan yang baik oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya di Desa Silian Tiga,” pungkasnya.

Disamping itu, salah satu masyarakat yang tidak mau menyebutkan namanya, sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas kepedulian Pemerintah Desa Silian Tiga yang dari tahun ke tahun terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Terim kasih kepada Bupati Mitra, khususnya Pemdes Silian Tiga atas seluruh program yang terus berdampak positif kepada masyarakat dan semoga Desa kita tercinta semakin maju dan sejahtera,”singkatnya. (fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *