oleh

Dihadiri INEY Ditjen Bina Bangda Kemendagri, FDW Buka Rembuk Stunting di Minsel

DIAM-DIAM ternyata permasalahan stunting di Minahasa Selatan telah menjadi perhatian khusus dari Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH. Bukitnya, untuk mengukur komitmen dan keseriusan Pemkab Minsel dalam upaya untuk percepatan penanganan stunting di Minahasa Selatan. Pria yang akrab disapa FDW ini,  didampingi oleh Tim Investing in Nutrition and Early (INEY) Ditjen Bina Bangda Kemendagri Regional 5, Sam Patoro Larobu, SH. MH untuk menghadiri aksi konvergensi percepatan pencegahan stunting ke-3 yaitu Rembuk Stunting Tahun 2023 tingkat Kabupaten Minahasa Selatan, yang berlangsung di Villa Sutan Raja Amurang Senin 22/05/2023. Konvergensi ini menjadi momentum khusus bagi FDW sekaligus berharap ada petunjuk lebih lanjut bagi Minsel untuk percepatan penanganan stunting di Minsel.

Dalam sambutannya, FDW berharap pelaksanaan kegiatan ini memperjelas tugas dan tanggung jawab, dan kemudian dapat saling bersinergi, menyatukan persepsi, mengolaborasikan program kegiatan agar menghasilkan progress dalam penanganan stunting didalam upaya percepatan penurunan stunting di Minsel dan mendukung target  prevalensi stunting Nasional pada tahun 2024 sebesar  14 persen.  Para OPD wajib memprioritaskan program kegiatan intervensi penurunan stunting dalam perencanaan dan penganggaran di tahun 2024. Agar Minsel kedepan bisa memiliki keseraian mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan pemetaan serta Analisa situasi percepatan penanganan stunting hingga para stakeholder atau seluruh pemangku kepentingan termasuk pihak swasta PT. Cargil Amurang dan PT. Sasa Tenga dalam mengintervensi serta mengadvokasi beberapa program aksi agar percepatan pencegahan stunting di Minsel berjalan dengan cepat, tegas Wongkar.

Dalam kegiatan aksi konvergensi ke-3 ini, FDW juga meluncurkan Inovasi Gerakan Laskar Hebat (Gerakan Lawan Stunting untuk hasilkan Generasi Hebat), diikuti dengan penandatanganan Komitmen Kabupaten Minahasa Selatan untuk melawan stunting dan Berita Acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten. Turut hadir Wabup Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, MTh,  FORKOPIMDA, Ketua TP-PKK Minahasa Selatan Elsje R. Wongkar-Sumual yang juga adalah anggota DPRD Minsel. Asisten II Setdakab, Kepala Bapelitbangda, Kepala Dinas PP&KB, Kepala Dinas PP&PA, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Kepala Dinas Pangan, Kepala Dinas PUTR, Kepala Dinas Perikanan & Kelautan, Kepala Dinas Kominfo, Kepala BKPSDM, Kepala BKAD, Kepala Dinas DukCapil, Inspektur Daerah, Kabag Kesra, Satgas Stunting, Camat dan Kepala Puskesmas se-Kab. Minahasa Selatan, perwakilan PT. Cargil Amurang dan PT. Sasa Tenga. (Liputan Istimewa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed