oleh

Kumtua Joice Pacu Pembangunan Infrastruktur di Desa Silian Selatan

Kumtua Joice pantau pekerjaan drainase
Kumtua Joice pantau pekerjaan drainase

 

 

Ratahan, WartaSulut.com – Demi memenuhi kebutuhan infrastruktur, beragam inovasi bisa dilakukan dengan dana desa (Dandes). Seperti yang bakal dilakukan Desa Silian Selatan.

“Memperbaiki daerah becek akibat genangan air dan menurunkan permukaan air pada tingkat yang ideal,” beber Penjabat Kepala Desa Silian Selatan Joice Tumigolung, Jumat (14/6/2019).

Dijelaskan Tumigolung, mengatasasi daerah becek masuk dalam program kerja dandes tahap dua yakni pembuatan drainase sekaligus membuka jalan baru di wilayah jaga satu dan jaga dua Desa Silian Selatan.

Selain itu, juga pemberdayaan masyarakat melalui skema padat karya tunai sehingga masyarakat lewat kerja tenaga harian bisa mencukupi kebutuhannya sendiri.

Namun yang terpenting, kata Tumigolung, adalah penyelesaian sisa pekerjaan tahap satu anggaran dandes Tahun 2019.

“Akan berusaha menyelesaikan sisa pekerjaan tahap satu pada bulan ini. Supaya anggaran dandes terserap dengan baik sesuai dengan RAB (Rencana anggaran biaya), ” jelas Tumigolung.

Tumigolung menyebutkan, dandes tahap satu Desa Silian Selatan total anggarannya Rp 152.687.000. Penggunaanya pada kegiatan drainase dan plat penutup beton sepanjang 90,80 meter. Ada juga Rp 3 juta untuk perbaikan lampu jalan, Rp 3 juta lagi perjalanan dinas HT.

“Jadi total anggaran tahap I Rp 158. 687.000. Namun demikian baru teralisasi kegiatan I yaitu drainase dan plat penutup beton,” pungkas Tumigolung sembari menambahkan kegiatan yang terlaksana telah diwartakan di Gereja terdekat kemudian dilaporkan di Polsek selanjutnya Inspektorat.
(Rul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed