oleh

Tingkat Partisipasi Pemilih di Kabupaten Minahasa Tenggara Melebihi Target Nasional

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara sukses melaksanakan Pemilu dengan tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan hak pilih melebihi target nasional.

Hal ini di ungkapkan ketua Kpu Mitra Otnie Tamod melalui ketua divisi sosialisasi pendidikan pemilih serta parisipasi masyarakat dan sumber daya manusia ( Sosdiklih Parmas dan SDM) Lucky Mamahit. Menurut Mamahit, secara nasional tingkat partisipasi pemilih ditargetkan di angka77.5 persen, sementara pada 14 februari pemilih yang menggunakan hak pilih mencapai 78.798 dari 89 286 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT).

” Untuk jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sendiri, mencapai angka 89.21 persen, DPR dan DPD berada di angka 89.09 Persen, dan DPRD Provinsi Dapil Sulut 5 mencapai angka 89.04 persen. Sementara itu, untuk DPRD Kabupaten, dari akumulasi 4 Daerah Pemilihan berada pada angka 89.01 Persen”, ungkap Mamahit.

Lebih lanjut dijelaskan Mamahit, angka partisipasi pemilih ini berbeda antar jenis pemilihan karena ada Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dimana pemilih ini bisa saja mendapatkan 5 jenis surat suara atau hanya 1 surat suara yaitu jenis pemilihan presiden dan wakil presiden dan itu menyesuaikan dengan daerah pemilihan dimana yang bersangkutan terdaftar dalam DPTB. selain itu terdapat Daftar Pemilih Khusus atau DPK sebanyak 454 pemilih yang menggunakan hak pilih di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Angka 89 persen ini merupakan capaian yang cukup tinggi pada proses pemiIu 2024, jika dilihat dari target nasional Kabupaten Mitra mampu melebih sekitar 12 persen dari target,” pungkas Mamahit sembari menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang ikut terlibat, mulai jajaran badan adhoc sampai kepada seluruh lapisan masyarakat.(*/fan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed