oleh

Plt. Ketua DPRD Minsel Hadir Dalam Upacara Taptu Bersama Pemkab dan Forkopimda

Minsel, wartasulut.com – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Stefanus DN Lumowa bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minsel mengikuti upacara Taptu di Halaman Polres Minsel, Rabu (16/08) malam kemarin.

Taptu merupakan tradisi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia.

Lumowa mengatakan, taptu merupakan pengingat bagi generasi saat ini mengenai pejuang kemerdekaan.

“Saya harap, taptu ini menjadi pengingat bagi kita, pengorbanan para pejuang kemerdekaan yang memerdekakan tanah air kita,” kata Lumowa usai mengikuti upacara Taptu yang dilanjutkan dengan pawai obor.

Politisi PDIP itu berharap rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT RI dapat menjadi motivasi bagi generasi saat ini untuk melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa. Tentunya dengan tugas dan peran masing-masing.

“Sebagai generasi penerus, tugas kita adalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan para pendahulu kita, di masa kemerdekaan ini, tugas kitalah mengisinya, mari kita laksanakan peran kita masing masing dalam mengisi kemerdekaan ini,” ujar Lumowa.

Diketahui Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang Ariyas Dedy, SH; bertindak selaku inspektur upacara (Irup) Taptu menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Upacara Taptu dihadiri oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH; Kajari Minsel La Ode Muhammad Nusrim, SH, MH; Dandim 1302/Minahasa diwakili Danramil Tumpaan Letda Inf. Adry Kandowangko, Dansecaba Rindam XIII/Merdeka Letkol Inf. Rayner Wajong; pimpinan DPRD Minsel, pimpinan SKPD Pemkab Minsel, jajaran PJU, perwira dan brigadir Polres Minsel.

Rangkaian upacara taptu yaitu penghormatan, pembacaan doa, pemasangan obor secara simbolis kepada perwakilan TNI, Polri, Sat Pol PP, Dishub dan Pramuka dilanjutkan dengan pelepasan rombongan peserta pawai obor oleh Bupati Minsel.

Pawai obor terpantau berlangsung meriah, diikuti oleh ratusan peserta mengambil rute awal dari Polres Minsel, melintasi Jalan Trans Sulawesi dan finish di Kelurahan Bitung, Amurang.

“Upacara Taptu dan pawai obor ini untuk mengenang juga wujud penghormatan atas jasa-jasa para Pahlawan yang telah berjuang demi Kemerdekaan Republik Indonesia. Diucapkan terimakasih kepada jajaran Forkopimda Minsel serta siswa siswi sekolah yang ikut serta dalam upacara taptu ini,” ungkap Kapolres Minsel saat ditemui usai kegiatan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed